Air Mata Warga Korut Lihat Kim Jong-Un Lebih Kurus dari Biasanya

Selasa, 29 Juni 2021

Foto: Korean Central News Agency/Korea News Service via AP, File

GILANGNEWS.COM - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un, kini menjadi sorotan. Bukan karena kebijakannya, melainkan karena penampilannya yang dinilai lebih kurus.

Kim Jong-Un muncul kembali ke publik usai beberapa bulan tak terlihat. Kim Jong-Un terekam kamera menghadiri konser bersama para pejabat Partai Buruh Korea (WPK) setelah rapat pleno WPK. Disana, Kim Jong-Un terlihat lebih kurus dari biasanya.

Para analis NK News -- situs pemantau Korut yang berbasis di Seoul -- mencatat bahwa arloji Kim Jong-Un tampak dipakai lebih erat dari sebelumnya dengan pergelangan tangannya terlihat lebih ramping.

Sebuah foto yang dipublikasi oleh Korean Central News Agency juga menampilkan perbandingan penampilan Kim Jong-Un pada Februari 2021 dan Juni 2021. Terlihat pipi Kim Jong-Un kini lebih ramping.

Seperti dilansir Reuters, Senin (28/6/2021), seorang warga Pyongyang yang tidak disebut identitasnya seperti dilaporkan televisi nasional Korut, KRT, menuturkan bahwa semua orang di Korut sedang bersedih karena Kim Jong-Un terlihat mengalami penurunan berat badan.

Komentar publik soal kondisi kesehatan Kim Jong-Un semacam ini tergolong langka. Pada awal Juni lalu, beberapa analis asing menekankan bahwa Kim Jong-Un, yang diyakini berusia 37 tahun, tampak kehilangan banyak berat badan.

"Melihat Sekretaris Jenderal (Kim Jong-Un) yang dihormati tampak kurus sangat menghancurkan hati rakyat kita," ucap pria warga Pyongyang dalam wawancara yang disiarkan KRT pada Jumat (25/6) waktu setempat.

"Semua orang mengatakan bahwa air mata mereka menggenang," imbuhnya.

Hingga kini, tidak ada informasi lebih detail soal apa yang membuat sang pemimpin Korut tersebut kehilangan berat badannya.