Gempa Darat Magnitudo 5.2 Guncang Jayapura, Getaran Terasa Lima Detik

Ahad, 10 April 2022

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Gempa magnitudo 5.2 mengguncang Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Minggu (10/4). Peristiwa ini berlangsung pada pukul 04.22 WIB atau 06.22 waktu setempat.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jayapura melaporkan belum ada laporan dampak akibat gempa.

"Guncangan gempa dirasakan kuat oleh warga setempat sekitar empat hingga lima detik. Namun demikian warga tidak panik saat guncangan terjadi. Sejak awal petugas BPBD segera melakukan pemantauan di wilayah yang warganya merasakan gempa," kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari.

Pusat gempa berada 20 km tenggara Kabupaten Jayapura, atau berada di darat dengan kedalaman 53 km.

Menurut pemodelan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tidak memicu terjadinya tsunami. Dilihat dari intensitas guncangan dengan skala Modified Mercalli Intensity atau MMI, gempa terpantau III MMI di wilayah Jayapura dan II – MMI di Wamena.

Menurut BMKG, III MMI mendeskripsikan getaran dirasakan nyata dalam rumah, serta terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Semakin tinggi MMI, guncangan yang dirasakan semakin besar.

Sementara itu, analisis inaRISK menunjukkan Kabupaten Jayapura memiliki 19 kecamatan dengan potensi bahaya gempa bumi kategori sedang hingga tinggi.

"Menghadapi potensi bahaya gempa bumi, BNPB mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan siaga. Hingga kini tidak ada teknologi yang mampu memprediksi waktu, lokasi dan kekuatan gempa yang akan terjadi," tuturnya.