Pemanasan Global Picu Bencana Hidrometeorologi, Mensos Risma Minta Masyarakat Waspada

Selasa, 24 Mei 2022

Mensos Tri Rismaharini mengunjungi lokasi bencana longsor di Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Senin (23/5).

GILANGNEWS.COM - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini meminta masyarakat di kawasan rawan bencana untuk meningkatkan kewaspadaan seiring adanya bencana hidrometeorologi. Kewaspadaan perlu ditingkatkan karena saat ini terjadi fenomena anomali cuaca sebagai dampak dari pemanasan global.

"Kita harus tetap waspada mengingat cuaca masih tidak menentu yang disebabkan anomali sebagai dampak global warming," ujar Mensos Risma dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (24/5).

Mensos mengingatkan masyarakat yang berada di lokasi rawan, seperti di lereng gunung, ketinggian atau tepian sungai untuk lebih waspada.

Minta Warga Pindah

Saat mengunjungi lokasi bencana longsor di Kampung Pasir Pogor, Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Senin (23/5), Mensos Risma juga meminta masyarakat setempat untuk pindah sementara waktu dari lokasi yang rawan longsor saat hujan deras untuk menghindari jatuhnya korban jiwa.

"Bencana itu kan tidak bisa diprediksi. Tapi langkah antisipasi harus dilakukan dengan baik agar kerugian bisa diminimalisir," tuturnya seperti dilansir Antara, Selasa (24/5).

Di lokasi bencana tampak sejumlah rumah warga rusak akibat tebing setinggi enam meter longsor dan mengakibatkan satu orang meninggal dunia.