Banyak Mobil Mewah Yang Tak Malu di Riau Ikut Antre BBM Subsidi Solar

Selasa, 16 Agustus 2022

Antrean Solar di SPBU Pekanbaru. Tampak mobil mewah jenis Toyota Fortuner dan Pajero Sport ikut antre untuk membeli BBM bersubsidi tersebut.

GILANGNEWS.COM - Pengendara mobil mewah seperti Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner ditemukan banyak yang ikut mengantre mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis Solar di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. 

Antrean mobil mewah mengisi BBM subsidi di Riau terlihat di sejumlah SPBU, seperti di Jalan Soekarno Hatta, Jalan Afirin Ahmad dan M SM Amin Pekanbaru. Bahkan antrean sampai ke jalan. 

Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar saat dikonfirmasi perihal itu meminta agar pemilik mobil mewah tidak ikut antre untuk mengisi BBM bersubsidi. Sebab, kondisi solar subsidi di Riau saat ini mengalami kelangkaan.

"Kita sedang kekurangan energi, Solar ini kan memang di seluruh Indonesia seperti itu (langka). Tapi kami pemerintah sudah mengatur agar tidak terjadi kelangkaan," kata Gubri, Selasa (16/8/2022)

Syamsuar meminta kepada masyarakat dengan kondisi ekonomi menengah ke atas, agar tidak menggunakan BBM bersubsidi. Sebab BBM Solar bukan diperuntukkan bagi kendaraan mewah. 

"Kami mengharapkan dukungan dari pengguna kendaraan-kendaraan yang sepantasnya tidak menggunakan BBM bersubsidi agar bersedia menggunakan BBM non subsidi," tegasnya. 

Syamsuar menyatakan akan selalu memonitor perkembangan penggunaan Solar subsidi yang tidak sesuai peruntukkannya. Apalagi, pengelola SPBU meloloskan mobil mewah yang mengisi Solar subsidi.

"Akan terus kami monitor dan awasi, termasuk kalau ada penyalahgunaan dari SPBU," pungkas mantan Bupati Siak dua periode ini.