Jokowi Ingatkan Bawaslu Kepercayaan Kunci Sukses Pemilu, Ibarat Tanding Bola

Sabtu, 17 Desember 2022

Presiden Jokowi.

GILANGNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bicara soal kepercayaan yang menjadi kunci dalam penyelenggaraan Pemilu. Jokowi menyebut penyelenggaraan Pemilu yang terpercaya akan membuahkan legitimasi dari rakyat.

"Saya ingin mengingatkan bahwa dalam proses demokrasi kepercayaan adalah kunci, kepercayaan adalah kunci. Penyelenggaraan Pemilu yang terpercaya akan membuahkan sebuah legitimasi yang kuat," kata Jokowi dalam sambutannya di acara Konsolidasi Nasional Bawaslu, Sabtu (17/12/2022).

Jokowi kemudian mengibaratkan Pemilu dengan pertandingan sepakbola. Dia menyebut proses yang adil akan membuat semua orang mengakui hasil pertandingan.

Ibarat pertandingan bola semua akan menerima dan mengakui hasil pertandingan jika prosesnya dilakukan secara adil dan berintegritas," ucap Jokowi

Dia juga memberi contoh masalah yang kerap terjadi di tiap Pemilu. Menurutnya, masalah tersebut terkait dengan daftar pemilih tetap (DPT) yang kerap dituding menjadi pemicu kecurangan.

"Misalnya, soal daftar pemilih tetap, DPT, tiap pemilu selalu jadi polemik. Oleh sebab itu saya berharap Bawaslu bekerja keras mengawasi penyusunan DPT ini," ucapnya.