Akhir Pekan Ini Kejurnas Sepatu Roda Lancang Kuning Open Seri I Piala Erick Thohir 2023

Rabu, 18 Januari 2023

PEKANBARU- Kejuaraan bergengsi sepatu roda, kembali digelar di Provinsi Riau. Kali ini Klub Sepatu Roda Lancang Kuning dipastikan digelar di Venue Sepatu Roda Mempura Kota Siak, Kabupaten Siak Sri Indrapura, Riau, pada akhir pekan ini, atau hari Sabtu (21/1) dan Minggu (22/1) nanti. 

Dalam event bertajuk Kejurnas Sepatu Roda Lancang Kuning Open Seri I Piala H Erick Thohir 2023, menghadirkan 403 atlet dari 31 klub sepatu roda se-Nusantara. 

Hebatnya lagi, Kejurnas ini merupakan kalender resmi PB Porserosi perdana awal tahun 2023, yang dipersembahkan khusus untuk Klub Sepatu Roda Lancang Kuning di Riau. 

Klub yang bermarkas di Sirkuit Gelanggang Remaja Pekanbaru ini juga, menggandeng Menteri BUMN Erick Thohir, sebagai mitra olahraga untuk memperebutkan piala bergilirnya. 

"Alhamdulillah, kita sudah mendapat restu dari Pak Erick Thohir. Kita disambut baik, karena ini juga kan eventnya level nasional. Makanya kita gas langsung, tanpa sponsor dari pihak manapun. Ini resmi dengan anggaran murni swadaya klub sepatu roda," kata Pembina Klub Sepatu Roda Lancang Kuning, Arif Eka Saputra SPi, Selasa (17/1/2023) kepada wartawan di Pekanbaru. 

Dijelaskan, sebenarnya latar belakang event ini dihelat selain untuk menjaring atlet-atlet berbakat, juga sebagai ajang silaturahmi antar klub sepatu roda se-Indonesia. 

Termasuk juga untuk mengkampanyekan gaung olahraga, agar semakin membumi di Bumi Lancang Kuning. 

"Inisiatif kawan-kawan di berbagai lini di Riau, juga hingga event ini bisa terlaksana. Doakan supaya sukses dan olahraga semakin bergelora di Riau ini," tambah Ketua Japnas Riau ini lagi. 

Sebagai gambaran, lanjut Arif Eka Saputra yang juga calon Anggota DPD RI ini, total hadiah yang akan diperebutkan nanti sebesar Rp 37,4 juta. Selain itu, para pemenang juga akan mendapatkan piala, medali, sertifikat dan merchandise.

"Kami pastikan event akan berlangsung meriah. Karena juga nanti akan ada jejeran UMKM dan perkenalan sejumlah destinasi wisata di Siak. Silakan masyarakat yang ingin nonton, gratis," sebutnya. 

Kategori Pertandingan 

Kejurnas Sepatu Roda Lancang Kuning Open Seri I Piala Erick Thohir 2023 nantinya, dipastikan akan dihadiri sejumlah pejabat di Riau. 

Ketua Pelaksana Kejurnas Affandra Madema menjelaskan, bahwa event ini akan dibuka Bupati Siak Alfedri, di dampingi Kepala Dispora Riau Boby Rachmat mewakili Gubernur Riau, para pejabat teras lainnya, serta Pengprov Porserosi Riau dan Porserosi kabupaten/kota. 

"Untuk diketahui, para atlet yang bertanding nanti didominasi atlet dari Sumatera, Pulau Jawa serta lainnya. Sementara kategori yang kita pertandingan 2 kategori, speed dan standar dengan jumlah medali 243 medali emas, perak dan perunggu, " paparnya. 

Sementara itu, untuk jenis mata lomba yang dipertandingkan sebanyak 81 mata lomba, dengan Kelompok Umur Mulai dari Pemula, KU A, KU B, KU C, KU D, Junior dan Senior. 

Untuk hadiah sendiri, panitia sudah menyiapkan hadiah bombastis. Juara umum, akan membawa pulang Piala H Erick Thohir plus uang pembinaan Rp 10 juta. 

Sementara juara I kategori speed mendapatkan piala plus uang tunai Rp 7 juta, juara II dapat piala plus Rp 4 juta, dan juara III membawa pulang piala plus uang tunai Rp 2 juta. 

Sedangkan juara I kategori Standar, meraih piala plus uang tunai Rp 3 juta, juara II dapat piala plus uang Rp 2 juta, serta juara III meraih piala plus Rp 1 juta.