Riau

Politisi PAN Ade Hartati Sebut 4 Hal Penting Ini Harus Dilakukan Agar Pencegahan Corona di Riau Efek

Ade Hartati.

GILANGNEWS.COM - Anggota Komisi V DPRD Riau Ade Hartati Rahmat mengatakan, setidaknya ada 4 hal penting yang harus diketahui dan dilakukan untuk mencegah serta menanggulangi Covid-19.

Keempat hal itu adalah Tahu, Mau, Mampu dan Belajar dari negara lain.

"Tahu, yaitu tahu apa yang harus dilakukan, baik tentang social distancing, meningkatkan stamina dan imun tubuh. Serta tahu apa yang harus dilakukan untuk berbagai kondisi kesehatan, apa yang bisa dilakukan untuk saling membantu," kata Ade Hartati.

Selanjutnya adalah Mau, yakni mengajak semua orang untuk benar-benar mau melakukan apa yang harus dilakukan, karena tahu saja tidak cukup. Menurutnya ini harus dipikirkan cara massal melakukan nudge, sanksi, choice architecture dan lainnya. Meningkatkan kepercayaan sangat penting.

"Selanjutnya adalah mampu. Bagaimana membatu agar keluarga miskin dan yang rentan tetap bisa tercukupi kebutuhan dan mampu melakukan. Bagaimana garda terdepan petugas kesehatan tercukupi kebutuhan dalam melayani," cakapnya lagi.

Dan selanjutnya adalah belajar dari negara lain. Menurut politisi PAN ini, belajar dimaksud adalah belajar dari pengalaman negara lain bagaimana melakukan penanganan. Termasuk juga dalam memastikan logistik dengan cepat, tepat dan masif. Serta dalam memastikan kesiapan rumah sakit, jumlah bed, alat kesehatan, tenaga kesahatan dan dikaitkan dengan informasi campain.

"Sehingga orang bisa tahu kapan perlu, kemana harus pergi tanpa terombang ambing ketidaktahuan dan tidak terlayani," cakap Ade.


Tulis Komentar