Pekanbaru

Firdaus - Ayat Beri Perhatian Khusus Agar Anak Kurang Mampu Mendapat Pendidikan Layak

DR H Firdaus ST MT bersama Kadis Pendidikan Kota Pekanbaru, saat menyerahkan zakat profesi guru

GILANGNEWS.COM- DR H Firdaus ST MT dan Ayat Cahyadi, selama ini sudah memberi perhatian khusus kepada anak dari keluarga kurang mampu agar tetap bisa mendapatkan pendidikan layak.

Perhatian khusus tersebut, diantaranya dengan Bantuan Siswa Miskin (BSM), Beasiswa Zakat Guru, Beasiswa Orangtua Asuh dan tentu saja melalui program Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Zakat Guru, sudah dilaksanakan sejak 2013. Caranya adalah dengan memotong sebesar 2,5 persen gaji guru (muslim), yang gajinya di atas Rp 3,7 juta sebulan.

Menurut informasi, dana yang sudah terkumpul sudah mencapai milyaran rupiah.

Dalam pengelolaannya, dana zakat guru tersebut masuk ke rekeing Badan Zakat Nasional (Baznas) Kota Pekanbaru, an untuk pengelolaan di Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, dibentuk Unit Pengelolaan Zakat (UPZ).

Penyalurannya, pihak sekolah melalui kepala sekolah bersangkutan yang mengusulkan nama-nama murid atau siswa yang dinilai layak dan patut untuk mendapatkan bantuan beasiswa dari zakat tersebut.

Nilainya bervariasi, untuk murid Sekolah Dasar (SD) dialokasikan Rp 750 ribu perorang, siswa SMP Rp 1 juta perorang dan siswa SMA/SMK sekitar Rp 1,25 juta per orang.

Jika program bantuan beasiswa orangtua asuh, bisa berlaku untuk setahun, yang meliputi biaya baju, uang sekolah, uang buku dan lain sebagainya. Menariknya, juga bisa dari sekolah-sekolah swasta.***
 


Tulis Komentar