Pekanbaru

Pekanbaru Akan Segera Miliki Politeknk Negeri 

Plt Asisten III, Bidang Administrasi Umum, Pemko Pekanbaru, Masykur Tarmizi SSTP MSi
Loading...

GILANGNEWS.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menargetkan segera memiliki Politeknik Negeri Pekanbaru sebagai wadah melahirkan para tenaga-tenaga kerja tangguh yang siap bersaing kedepannya. Untuk pembangunannya, Pemko Pekanbaru berharap dukungan dari semua pihak, Pemerintah Provinsi Riau dan juga Kementerian Dalam Negeri.   

Sebagaimana diketahui, Wali Kota (Wako) Pekanbaru DR H Firdaus ST MT didampingi Sekdako HM Jamil MAg MSi sudah melakukan pertemuan  dengan pihak Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), Direktur perencanaan keuangan daerah, Bahri, pada Selasa (20/4/2021) lalu, mendapatkan pencerahan terkait rencana pembangunan Polteknik Negeri Pekanbaru ini. 

Plt Asisten III, Bidang Administrasi Umum, Pemko Pekanbaru, Masykur Tarmizi SSTP MSi, pun menjelaskan progres pembangunannya. Dikatakannya, progres pembangunan Politeknik Negeri Pekanbaru secara simultan dipaparkannya. Seperti kajian naskah akademis dan kajian kelayakan pendirian itu sudah disusun. Berikutnya juga sambil proses itu berjalan, komunikasi dengan Pemerintah Provinsi Riau untuk mengusulkan ke Pemerintah Pusat tetap berjalan.

"Artinya sejauh ini prosesnya (pendirian Politeknik Pekanbaru) bergerak terus, dan kita mohon dukungan semua pihak. Karena memang Politeknik ini sangat di butuhkan masyarakat untuk menjawab tantangan dunia kerja di tahun-tahun mendatang, " papar Masykur, Senin (28/6).

Loading...

Dijelaskan Kepala BPP Pekanbaru ini lagi, bahwa Politeknik ini sangat di butuhkan untuk menjawab tantangan akan kebutuhan tenaga kerja dengan keberadaan KIT yang saat ini dalam proses pembangunan juga.

"Kita nanti punya KIT yang membutuhkan 155 ribu tenaga kerja. Dan ada banyak industri disana, itu memerlukan tenaga kerja yang siap pakai. Dari mana? Tentu dari sini kita siapkan (Politeknik Pekanbaru) untuk bisa bersaing mengisi peluang yang ada, ini menjadi tanggungjawab Pemerintah tentunya, " jelasnya.

Disampaikannya juga, untuk target pembangunan Politeknik Pekanbaru diharapkan bisa selesai 2021 ini, dan tahun berikutnya sudah bisa menerima peserta didik. Untuk bangunan sudah dipersiapkan Pemko, yaitu menggunakan gedung SMK Teknologi Pekanbaru yang saat ini ditempati oleh Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru. Semua sudah lengkap disana, sudah ada ruangan belajar, asrama, dan segala macamnya, ada labor juga. Dan akan bertahap untuk sarana dan prasarana pendukung lainnya disiapkan.

"Kita sudah punya modal untuk Politeknik ini, yaitu bangunan yang sudah siap. Untuk tenaga pendidik akan kerjasama dengan Politeknik yang ada di Riau. Bisa dengan Politeknik Caltex, Bengkalis, maupun Kampar,'' kata Ketua Kwarcab Kota Pekanbaru ini lagi.

Diungkapnya lagi, karena yang diusulkan itu politeknik negeri makanya, berharap respon baik dari Pemerintah Pusat untuk segera mengACC administrasi dan Politeknik Pekanbaru jalan. ''Dan target Pak Wali Kota juga tahun ini bisa selesai. Tapi melihat kondisinya jadi agak molor dari target tahun ini, "jelas Maskur.

Kendala mengapa percepatan pembangunan Politeknik Pekanbaru bisa molor? Meski Pemko Pekanbaru menggesa bisa beroperasi menjelang priodesasi Firdaus-Ayat berakhir April 2022, diungkap Masykur, karena ada moratorium pendirian Politeknik negeri baru.

"Dengan moratorium ini tentu membuat laju semangat kita terganggu. Harapan kita moratorium ini dicabut, sehingga kota Pekanbaru menjadi kota Pertama yang segera dibangun Politeknik setelah moratorium dicabut,'' tegasnya.

Ditegaskan Masykur, berdasarkan kebutuhan Perguruan tinggi, berdasarkan data yang didapatnya. Untuk Perguruan tinggi, untuk kota-kota ibukota provinsi Pekanbaru sangat kekurangan. 

"Dan ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan untuk segera dapat diwujudkan oleh pusat. Pekanbaru saat ini hanya ada sekitar enam Perguruan tinggi negeri. Ini sangat sedikit bila dibandingkan dengan Padang,  Medan,'' tuturnya.

Menanggapi bakal adanya Politeknik Negeri untuk Pekanbaru, Anggota DPRD Kota Pekanbaru H Ervan memberikan apresiasainya. Dia pun menegaskan supaya Pemko mengawal percepatan pembangunan nya.

''Apalagi Pemko sudah punya modal yaitu gedung bekas SMK Teknologi itu yang siap dijadikan politeknik, kami apresiasi dan semoga ini dapat segera terwujud,'' ungkap Politisi Gerindra ini.

Dengan progresnya rencana pembangunannya, Ervan juga minta supaya tetap di upgrade. ''Intinya, kalau bisa launching jelang masa tugas Walikota dan Wakil Walikota berakhir, mengapa tidak. anggap saja ini kado bagi masyarakat Pekanbaru,'' tuturnya.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar