Pekanbaru

Ikatan Keluarga Tanah Datar Pekanbaru Gelar Bedah Rumah

Panitia Bedah Rumah Ikatan Keluarga Tanah Datar (IKTD) Kota Pekanbaru, foto bersama usai rapat bedah rumah di Kedai Kopi Rumpun Pekanbaru, Senin (6/9/2021).

GILANGNEWS.COM - Ikatan Keluarga Tanah Datar (IKTD) Kota Pekanbaru di bawah komando Taufiqurrahman, akan melakukan kegiatan bedah rumah. Aksi sosial ini rencananya akan digelar, pada tanggal 1-3 Oktober mendatang, di salah satu nagari di Kabupaten Tanah Datar, Sumbar. 

Kegiatan yang mengusung tagline Tour Salingka Tanah Datar #2 ini merupakan hasil rapat panitia pelaksana, Senin (6/9/2021) di Kedai Kopi Rumpun, Pekanbaru. 

Ketua Panitia Yunelly menjelaskan, kegiatan bedah rumah ini sendiri akan bekerjasama dengan Pemkab Tanah Datar. Nantinya, melalui Bidang Kesra, akan memilih masyarakat yang memang kurang mampu, serta dinilai layak mendapatkan bantuan bedah rumah. 

"Untuk tahap pertama ini, kita akan bedah satu rumah dulu. Tapi nanti kita lihat anggaran, kalau memungkinkan maksimal dua rumah lah. Anggaran untuk bedah rumah ini sekitar Rp 20 juta," terang Yunelly. 

Hadir dalam rapat tersebut, Sekretaris Rita Lestari, Bendahara Julfitri, serta panitia lainnya. 

Untuk anggaran bedah rumah sendiri, tambah Yunelly, itu berasal dari donatur IKTD yang ada di Kota Pekanbaru. 

" Kegiatan seperti ini sudah pernah dilakukan. Kami ingin membantu saudara saudara kami yang perekonomiannya kurang mampu di Tanah Datar. Tujuannya supaya bangkit kembali," harapnya. 

Lebih dari itu, kata Yunelly, kegiatan ini lebih kepada para perantau IKTD, yang ingin menjenguk kembali negeri yang ditinggalkan. Selanjutnya, IKTD ingin bersilaturahmi dengan Bupati Tanah Datar Eka Putra SE. 

Tujuannya, ingin eksplor Tanah Datar mencari dan menggali adat istiadat di kampung, mengingatkan kembali generasi yang ada di Rantau. 

"Jadi selain bedah rumah, kita juga ingin mengexplore wisata Kabupaten Tanah Datar, serta pemberdayaan UMKM Kabupaten Tanah Datar," terangnya lagi. 

Seperti diketahui, kegiatan sosial IKTD Pekanbaru sudah banyak dilaksanakan selama ini. Termasuk pembagian sembako baru-baru ini, yang dilakukan di Kota Pekanbaru.


Tulis Komentar