Menkes Ingatkan Pentingnya Vaksin: Campak dan Rubella Tak Ada Obatnya

GILANGNEWS.COM - Menteri Kesehatan Nila Djuwita Moeloek mengingatkan penyakit campak dan rubella tidak ada obatnya bila sudah terjangkit. Oleh karena itu imunisasi Vaksin Measles Rubella (MR) harus dilakukan meskipun status kehalalan vaksin tersebut masih diuji oleh MUI.
“Saya mengingatkan kalau terkena penyakit ini tidak ada pengobatannya. Kita hanya mencoba meningkatkan supaya gejala berkurang,” ujar Nila di Kantor KemenkoPMK, Jakarta Pusat, Minggu (5/8).
Nila mengatakan, penyakit campak (measels) dan rubella bila sudah terkena anak-anak akan mematikan. Menggunakan vaksin adalah satu-satunya cara untuk menghindari kedua penyakit tersebut.
“Seperti campak, misalnya penderita gizinya turun saja itu sulit sekali. Kita upayakan tidak terjadi kematian. Dengan terkena penyakit tersebut bayi yang lahir ini akan cacat dengan ketulian, kebutaan, jantung yang bocor,” ujar Nila.

Jadi meskipun belum ada kepastian dengan status kehalalan dari vaksin MR, ia berharap bahwa masyarakat tidak berhenti untuk imunisasi. Masyarakat tidak perlu khawatir, sebab, meski ada kandungan tidak halal, imunisasi tetap bisa dilakukan.
Nila beralasaan ada fatwa MUI yang memperbolehkan menggunakan vaksin itu, bila tidak ada alternatif lain untuk mencegah penyakit.

Baca Juga