x
Komisi IV Hearing Dengan Bidang Pengadaan Barang dan Jasa
Suasana hearing Komisi IV DPRD Pekanbaru dengan Bidang Pengadaan Barang dan Jasa Pemko Pekanbaru, Senin (2/11/2020).

Hanya 8 Paket Yang Dilelang di APBD-P 2020
Komisi IV Hearing Dengan Bidang Pengadaan Barang dan Jasa

Selasa, 03 November 2020 - 20:24:43 wib | Di Baca : 625 Kali

PEKANBARU- Pembangunan di Kota Pekanbaru tahun ini, harus sesuai dengan program yang sudah direncanakan Pemko dengan DPRD Pekanbaru. Karenanya, untuk mengetahui sejauhmana proses lelang kegiatannya, Komisi IV DPRD Pekanbaru memanggil Bidang Pengadaan Barang dan Jasa Pemko Pekanbaru,  Senin (2/11/2020) untuk dilakukan hearing (rapat dengar pendapat). 

Hearing langsung dipimpin Ketua Komisi IV Sigit Yuwono ST, di dampingi anggota Komisi IV lain, serta perwakilan dari Pemko dihadiri Kabag Pengadaan Barang dan Jasa, 
Hadi Firmansyah, berserta dua stafnya. 

Kepada Komisi IV, Kabag Pengadaan Barang dan Jasa, Hadi Firmansyah menyampaikan, bahwa sebagian proses lelang proyek atau kegiatan tahun ini, sudah dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku. 

Khusus untuk lelang yang anggarannya masuk di APBD Perubahan 2020, setidaknya ada 8 paket lagi yang dilelang. "Sebagian sudah selesai dilelang, sebagian lagi masih proses, " kata Hadi Firmansyah. 

Dijelaskannya lagi, bahwa dari 8 paket yang dilelang tersebut, nilainya sekitar Rp 3 miliar. Dari paket tersebut, ada beberapa pekerjaan yang perlu cepat dikerjakan di APBD Perubahan 2020 ini. 

"Pengadaan barang diutamakan fisik. Yang menentukan pemenang yang terendah, karena sudah ada sistem di LPSE. Tanpa masa sanggah dan batas waktu, " tambahnya. 

Menanggapi hal ini, Komisi IV Sigit Yuwono ST meminta, agar proses lelang kegiatan yang diutamakan, yang menjadi prioritas bagi masyarakat banyak. Meski di anggaran perubahan diperbolehkan aturan tanpa masa sanggah dan batas waktu, tentunya tidak ada aturan yang dilanggar. 

"Khusus lelang yang 8 paket ini, kami minta data keseluruhannya. Apakah memang di antaranya proyek yang dikerjakan sangat mendesak dibutuhkan atau tidak. Karena pada hearing ini, mereka beralasan tidak membawa data langkap, " tegasnya. 

Disinggung mengenai untuk kegiatan pembangunan tahun 2021, Sigit menyebutkan, bahwa pihaknya belum membahasnya dengan Bidang Pengadaan Barang dan Jasa. Sebab, pembahasan APBD Murni 2021, masih berlangsung. *

Teks foto:


Anggota Komisi IV Mulyadi AMd (kanan) tampak mencatat data yang disampaikan Kabag Pengadaan Barang dan Jasa, Hadi Firmansyah, saat hearing Senin (2/11/2020). 

Dari kiri: Anggota Komisi IV Zulfahmi SE, Wan Agusti,  Ali Suseno Aln, Sigit Yuwono ST (Ketua),  Roni Pasal dan Mulyadi saat menggelar hearing dengan Bidang Pengadaan Barang dan Jasa Pemko Pekanbaru Senin (2/11/2020).

Kabag Kabag Pengadaan Barang dan Jasa, Hadi Firmansyah (kiri berkaca mata), saat menyampaikan data lelang kegiatan kepada Komisi IV DPRD Pekanbaru, Senin (2/11/2020).

Pejabat teras Bidang Pengadaan Barang dan Jasa Pemko Pekanbaru, saat menghadiri hearing dengan Komisi IV Pekanbaru mengenai lelang kegiatan tahun 2020 Senin (2/11/2020).

Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru Sigit Yuwono ST (kanan baris ketiga), saat mempertanyakan kegiatan lelang proyek di Bidang Pengadaan Barang dan Jasa, dalam hearing, Senin (2/11/2020).*
 


Editor :
Sumber : GN 1

BERITA TERKAIT
TUILIS  KOMENTAR
BERITA SEBELUMNYA