x
Sosialisasi Perda Pimpinan DPRD Pekanbaru Nofrizal di Kelurahan Sekip Dihadiri Puluhan Warga

Sosialisasi Perda Pimpinan DPRD Pekanbaru Nofrizal di Kelurahan Sekip Dihadiri Puluhan Warga

Kamis, 11 Januari 2024 - 21:30:00 wib | Di Baca : 287 Kali

PEKANBARU - Puluhan masyarakat di Jalan Kinibalu RT2/RW5, Kelurahan Sekip, Kecamatan Lima Puluh, antusias mengikuti sosialisasi Perda Pengelolaan Air Limbah Domestik yang diadakan oleh Wakil Ketua DPRD Pekanbaru, Ir. Nofrizal MM, pada Kamis (11/1/2024). Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang Perda yang disahkan pada tahun 2023 tersebut.

Nofrizal menjelaskan bahwa Perda ini fokus pada pengelolaan air limbah domestik di Kota Pekanbaru, termasuk kewajiban masyarakat untuk menyambungkan saluran air limbah dari rumah ke jaringan IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah).

"Saat ini, IPAL sudah tersedia di Pekanbaru. Perda ini mengatur tentang siapa saja yang wajib menyambungkan saluran air limbahnya ke IPAL, serta mekanismenya," jelas Nofrizal.

Pada tahap pertama, sebanyak 3.000 saluran rumah (SR) akan dibangun untuk disambungkan ke jaringan IPAL secara gratis. Rinciannya, 1.500 SR dibiayai dari APBN, 700 SR dibangun oleh Pemko Pekanbaru, dan 800 SR oleh Pemprov Riau.

Nofrizal menekankan bahwa Perda ini memiliki banyak manfaat bagi masyarakat, seperti:

Meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat.
Menjaga kelestarian lingkungan.
Mencegah pencemaran air.
Meningkatkan estetika kota.
Nofrizal optimis bahwa Perda ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi masyarakat Kota Pekanbaru.

"Keberadaan IPAL di Kota Pekanbaru diharapkan dapat menjadi barometer dan role model khususnya di Pulau Sumatera," harapnya.

Menanggapi sosialisasi ini, Ali, warga Jalan Kinibalu, memberikan apresiasi kepada Nofrizal dan berharap agar Perda ini dapat diimplementasikan dengan baik.

"Kami masyarakat meminta pelaksanaan Perda di masyarakat berjalan dengan baik. Tidak ada masalah," harap Ali.

Sosialisasi Perda Pengelolaan Air Limbah Domestik yang dilakukan Nofrizal merupakan langkah nyata dalam mewujudkan Kota Pekanbaru yang bersih, sehat, dan ramah lingkungan. Dengan edukasi, kolaborasi, dan komitmen bersama, Nofrizal yakin bahwa program ini dapat berjalan dengan sukses dan memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat. (ADV) 

Galeri Foto Kegiatan : 


 


Editor :
Sumber : GN 1

BERITA TERKAIT
TUILIS  KOMENTAR
BERITA SEBELUMNYA