Nasional

Menkes: Turis China Positif Corona Setelah Liburan di Bali

Menkes Terawan Agus Putranto.

GILANGNEWS.COM - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menegaskan turis China yang positif terpapar virus corona (Covid-19) terinfeksi setelah berlibur di Bali. Sehingga, ia tidak terinfeksi setelah tiba di Negeri Tirai Bambu, bukan ketika berada di Pulau Dewata.

Terawan menjelaskan kesimpulan tersebut didasari perhitungan masa inkubasi 14 hari sejak turis asal China tersebut meninggalkan Pulau Bali pada 28 Januari.

"Itu positifnya kena di sana (China)," kata Terawan di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta, Sabtu (15/2), seperti dikutip media.

Terlebih, lanjut dia, hingga saat ini belum ada satu pun warga di Bali yang terindikasi terjangkit.

"Sampai hari ini, paling tidak kalau dihitung sejak 28 Januari itu sudah 18 hari. Lalu tidak ada sesuatu yang menggejala di sana (Bali). Artinya apa, pasti tidak ada," kata dia.

Informasi pertama yang menerangkan warga negara China positif terjangkit virus Corona setelah berkunjung ke Bali berasal dari otoritas Provinsi Anhui, China, yang dimuat secara resmi di administrasi Anhui, Weibo pada Kamis (6/2).

Saat itu, Pusat Pengendalian Penyakit Huanian melaporkan ada salah seorang pasien bernama Jin terjangkit positif virus corona pada Rabu (5/2) yang disebut bahwa yang bersangkuta sebelumnya berlibur di Bali.


Tulis Komentar