Riau

Titik Api Muncul Lagi di Riau

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat kemunculan titik panas atau hotspot di Provinsi Riau, Jumat (21/2/2020).

Prakirawan BMKG stasiun Pekanbaru Ahmad Agus Widodo menyampaikan, ada 4 titik panas yang terdeteksi di Riau pagi tadi.

"Empat titik hotspot itu berada di kabupaten Bengkalis dua titik, Pelalawan dan Kota Pekanbaru masing-masing satu titik," ujar Ahmad, Jumat (23/2/2020).

Ahmad menjelaskan, dua titik panas yang terdeteksi di Bengkalis berada di Kecamatan Rupat. Satu titik di Pelalawan berada di Kuala Kampar. Sementara hotspot di Pekanbaru berada di Kecamatan Rumbai Pesisir Pekanbaru.

Dari jumlah tersebut, dua titik memiliki level confidence di atas 70 persen. Artinya dipastikan itu adalah aktivitas kebakaran hutan dan lahan.

"Dua titik api itu berada di Kecamatan Rupat dengan level confidence 100 persen dan 86 persen. Kita terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan," cakapnya.

Lanjut Ahmad, hari ini di pulau Sumatera terpantau 16 titik panas yang tersebar di 6 wilayah, yakni provinsi Sumatera Utara enam titik, Riau empat titik, Aceh tiga titik, Bengkulu, Kepulauan Riau dan Sumatera Barat (Barat) masing-masing satu titik.


Tulis Komentar