Nasional

Di Tengah Wabah Corona, Airlangga Luncurkan Kartu Prakerja

Pemerintah mulai luncurkan kartu prakerja pada Jumat (20/3).

GILANGNEWS.COM - Pemerintah mulai meluncurkan Kartu Prakerja pada Jumat (20/3). Peluncuran langsung dilakukan oleh Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto.

Program ini merupakan salah satu realisasi dari janji kampanye Presiden Joko Widodo (Jokowi). Airlangga Hartarto mengatakan program ini akan diuji coba di empat wilayah, yaitu Kepulauan Riau, Bali, Sulawesi Utara, dan Surabaya.

Penetapan wilayah ini merujuk pada pertimbangan banyaknya pekerja yang terancam pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat tekanan di tengah virus corona.

"Tentu karena situasi penyebaran Covid-19, kami mendorong untuk dilangsungkan secara online terlebih dahulu. Tapi nanti pelatihan secara offline tersedia di beberapa daerah," ujar Airlangga, Jumat (19/3).

Airlangga menyatakan usai diluncurkan, pemerintah akan segera melangsungkan sosialisasi dalam dua minggu ke depan. Setelah itu, pendaftaran akan dibuka melalui situs www.prakerja.go.id.

"Kami harap masyarakat sudah bisa memilih, mempelajari, dan memutuskan akan ikut pelatihan di mana,"ungkapnya.

Kendati begitu, pemerintah membatasi akses pelatihan hanya satu kali bagi peserta. Artinya, usai mengikuti pelatihan, peserta tidak bisa mendaftar lagi untuk pelatihan yang lain karena pemerintah ingin lebih dulu memberikan kesempatan ke peserta lain.

"Karena itu diharapkan agar masyarakat bisa cermat dalam memilih," imbuhnya.

Lebih lanjut, pemerintah menggandeng 11 mitra kerja, yaitu Bukalapak, MauBelajarApa, Pintaria, Ruangguru, Sekolah.mu, Tokopedia, Pijar Mahir, dan Sisnaker. Kemudian, mitra di bidang pembayaran, yakni BNI, OVO, dan LinkAja.


Tulis Komentar