Riau

Mapolda Riau Pindah ke Jalan Pattimura, Gedung Lama Bakal Jadi Rumah Sakit

Loading...

GILANGNEWS.COM - Wakapolri meresmikan penggunaan Gedung Markas Polisi Daerah (Mapolda) Riau di jalan Pattimura, Gobah, Pekanbaru, Jumat (18/12/2020). Peresmian Mapolda yang berada di bekas SPN tersebut dilakukan secara virtual.

Dengan diresmikannya penggunaan gedung baru tersebut maka gedung lama di jalan Sudirman Pekanbaru saat ini sudah mulai kosong. Saat ini, barang-barang yang berada di gedung lama dipindahkan ke gedung baru.

Gedung Polda Riau jalan Sudirman Pekanbaru digunakan mulai tahun 1959 dengan lahan seluas 0,7 hektare. Seiringnya perkembangan gedung tersebut sudah mulai terasa sempit mengingat jumlah SDM di Polda Riau tersebut bertambah. Belum lagi lokasi berada tepat di jantung Pekanbaru.

Kini setelah Polda Riau menempati gedung baru gedung lama diwacanakan akan dijadikan sebagai Rumah Sakit Bhayangkara Polda Riau.
"Gedung Mapolda Riau yang sebelumnya berada di Jalan Sudirman, rencananya akan dijadikan Rumah Sakit Bhayangkara Polda Riau," ucap Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi.

Loading...

Lanjutnya, gedung Mapolda Riau yang lama akan dikosongkan terlebih dahulu sebelum dijadikan Rumah Sakit Bhayangkara.

Saat ini RS Bhayangkara berada di jalan Kartini tidak jauh dari Mapolda Riau yang lama.

"Gedung yang lama dikosongkan dulu, barang-barang yang berada di gedung lama juga akan dipindahkan semuanya ke gedung yang baru," tukasnya.

Diberitakan sebelumnya Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi dalam sambutannya mengatakan, gedung Mapolda Riau ini menggunakan lahan bekas dari SPN Polda Riau.

"Untuk SPN Polda Riau dipindahkan di Desa Kualu Nenas, Kecamatan Tambang, kabupaten Kampar," ucap Agung.

Lanjutnya, untuk melengkapi sarana dan prasarana untuk mendukung kinerja personel polri, gedung Mapolda Riau didukung oleh 2 sumber mata anggaran, yaitu APBD Riau tahun 2019 sebesar Rp10 miliar lebih dan hibah Polri tahun 2020 sebesar Rp23 miliar lebih.

Guna melengkapi fasilitas ibadah, dilakukan pembangunan masjid Al-Adzim yang merupakan hibah bangunan dari PT RAPP dengan anggaran sebesar Rp7 miliar.

"Dengan diresmikan gedung Mapolda Riau yang baru ini, saya harapkan seluruh personel Polda Riau meningkatkan kinerja dan fungsi perannya masing-masing," cakapnya.

"Saya mengucapkan terimakasi kepada Pemerintah Provinsi Riau dan seluruh pihak yang telah memberikan sumbangsih baik dalam bentuk materi dan non materi, sehingga pembangunan Mapolda Riau, gedung SPN Polda Riau dan Masjid Al-Adzim Polda Riau berdiri dengan kokoh," pungkasnya.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar