Nasional

Polri Belum Ajukan Nama Calon Kepala BNN Pengganti Buwas

Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Pol Martinus Sitompul menyatakan Polri belum mengajukan nama calon pengganti Komjen Budi Waseso ke presiden.
Loading...

GILANGNEWS.COM - Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Komisaris Besar Martinus Sitompul mengatakan, pihaknya belum mengajukan nama calon Kepala BNN ke Presiden Joko Widodo.
Polri berjanji akan memberikan rekomendasi nama tersebut sebelum Kepala BNN Komjen Budi Waseso pensiun pada Maret 2018.

"Sebelum (Buwas pensiun) itu, kami akan mengajukan rekomendasi, sehingga nanti Presiden punya waktu untuk menentukan siapa pengganti Budi Waseso," kata Martinus di Markas Besar Polri, Jakarta Selatan, Jumat (9/2).

Dia menerangkan, institusi kepolisian tidak memiliki kewenangan untuk menunjuk Kepala BNN, karena otoritas tersebut berada di tangan Presiden.

Menurut Martinus, sosok calon Kepala BNN nantinya dapat berasal dari Perwira Tinggi (Pati) Polri berpangkat jenderal bintang dua atau tiga.

Loading...

Namun demikian, dia menegaskan, Polri belum membahas nama yang akan dicalonkan menjadi Kepala BNN, termasuk di dalam Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti), hingga saat ini.

"Sampai sekarang di internal belum ada. Meskipun sudah ada beredar di luar, tapi secara resmi belum kami sampaikan namanya," tutur dia.

Sejumlah nama calon Kepala BNN telah beredar sejak beberapa pekan lalu. Berdasarkan informasi yang dihimpun, setidaknya ada empat nama yang disebut akan menjadi pengganti Buwas.

Mereka adalah Kabareskrim Komjen Ari Dono Sukmanto, Kabaharkam Komjen Moechgiyarto, Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Irjen Heru Winarko, dan Deputi Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari.

Dua nama terakhir, disebut merupakan usulan nama yang telah disampaikan oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Buwas. Namun, masing-masing pihak masih belum bersedia menjawab saat dikonfirmasi.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar