x
DPRD Pekanbaru Gelar Paripurna Istimewa HUT  Kota Pekanbaru ke-239

DPRD Pekanbaru Gelar Paripurna Istimewa HUT Kota Pekanbaru ke-239

Jumat, 23 Juni 2023 - 00:54:29 wib | Di Baca : 497 Kali

PEKANBARU- DPRD Pekanbaru menggelar Rapat Paripurna Istimewa HUT Kota Pekanbaru ke-239, Jumat siang (23/6/2023). Paripurna ini dipimpin Ketua DPRD Pekanbaru Muhammad Sabarudi ST, di dampingi Wakil Ketua Ginda Bernama ST MT, T Azwendi Fajri SE, Ir Nofrizal MM, serta semua anggota dewan lainnya.

Hadir juga Gubernur Riau Drs Syamsuar, Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun serta pejabat Pemko lainnya, perwakilan Anggota DPRD Riau, LAMR, pemuka adat, mantan Wakil Wali Kota Pekanbaru dan mantan Ketua DPRD Pekanbaru, pejabat Forkompimda Riau dan Kota Pekanbaru, perwakilan DPRD se- Provinsi Riau, ormas, serta masyarakat umum.

Rapat ini dibuka secara resmi Ketua DPRD Pekanbaru Muhammad Sabarudi ST, dan langsung mempersilahkan pemuka adat Kota Pekanbaru membacakan sejarah Kota Pekanbaru.

T Muhammad Toha, pemuka adat Melayu Kota Pekanbaru yang membacakan sejarah singkat awal mula nama Kota Pekanbaru, yang dahulu Pekanbaru dikenal dengan nama Senapelan. Saat itu, Pekanbaru dipimpin seorang kepala suku disebut Batin.

Hingga akhirnya, daerah yang disebut sebagai Senapelan ini terus berkembang menjadi kawasan pemukiman baru. Seiring berjalannya waktu, berubah menjadi Dusun Payung Sekaki yang terletak di muara Sungai Siak.

Senapelan yang kemudian lebih populer disebut Pekanbaru resmi berdiri pada Selasa, 21 Rajab 1204 H. 21 Rajab ini bersamaan dengan 23 Juni 1784 M oleh Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazamsyah di bawah pemerintahan Sultan Yahya

Tanggal 23 Juni ini kemudian ditetapkan sebagai hari jadi Kota Pekanbaru. Pada 20 Januari 1959 dikeluarkan Surat Keputusan dengan No. Des 52/1/44-25 yang menetapkan Pekanbaru sebagai Ibu kota Provinsi Riau. Sekaligus Pekanbaru memperoleh status Kotamadya Daerah Tinggat II Pekanbaru.

Sementara itu, Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun menyampaikan, ucapan terima kasih kepada semua anggota DPRD Pekanbaru, unsur Forkompimda, akademisi, pihak swasta yang sudah bahu membahu membangun Kota Pekanbaru, hingga sampai berkembang pesat saat ini.

"Semoga Kota Pekanbaru lebih baik lagi ke depannya. Tentunya hubungan harmonis ini, terus terjalin," pintanya.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa saat ini kemajuan Kota Pekanbaru sangat pesat, terutama bidang ekonomi. Visi Kota Pekanbaru dalam jangka panjang 20 tahun, sebagai pusat perdagangan jasa kebudayaan Melayu, Beriman dan Taqwa, harus ditingkatkan lagi.

Dirinya diberi kepercayaan memimpin Kota Bertuah ini selama satu tahun ke depan, memang punya tugas berat. Makanya, di momen HUT ke-239 ini, Pemko Pekanbaru mengusung tagline Pekanbaru Bergerak, Tumbuh dan Bermarwah.

Pekanbaru Bergerak artinya mencerminkan semangat yang tinggi. Sedangkan Pekanbaru Tumbuh dan Bermarwah artinya, masyarakat dan pemerintah harus bersama untuk mencapai semua aspek yang ada, namun sesuai dengan marwah Kota Pekanbaru.

Apalagi Kota Pekanbaru sudah menjadi magnet para investor. Maka, menumbuhkan dan meningkatkan ekonomi, harus dilakukan secara terperinci.

Di depan Gubernur Riau Syamsuar, Muflihun juga memaparkan fokus kerja yang sedang dan akan dicapainya.

"Fokus kerja kami di antaranya percepatan perbaikan pemeliharaan jalan sungai dan drainase. Jumlah perbaikan jalan itu sebanyak 1013 titik ditambal sulam, 13 overlay yang harus selesai dikerjakan tahun ini. Selanjutnya, revitalisasi pasar-pasar tradisional, serta fasum fasos," sebutnya.

Lebih dari itu, fokus kerja Pemko lainnya yakni pemberian beasiswa bagi siswa yang tak mampu, pemberian subsidi bunga bagi pelaku UMKM, layanan dokter on call 24 jam, pemberian santunan kematian kepada keluarga tak mampu.

Selanjutnya, penanganan sampah harus terus didorong hingga berjalan dengan baik, serta terakhir penanganan stunting dan kemiskinan ekstrem. *

Galery foto kegiatan :


Editor :
Sumber : GN 1

BERITA TERKAIT
TUILIS  KOMENTAR
BERITA SEBELUMNYA