Nasional

Gempa M 4,2 Guncang Tapanuli Selatan

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Rabu (27/11/2019) pukul 10.49 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini berkekuatan Magnitudo 4,2.

"Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1.55 LU dan 99.28 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 5 km arah Tenggara Tapanuli Selatan  pada kedalaman 10 km," kata Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan, Edison Kurniawan.

Dia menjelaskan jika memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, maka gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar Toru.

"Guncangan gempa bumi ini dirasakan oleh masyarakat di Sipirok dengan kekuatan III MMI, getaran dirasakan nyata di dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu," terangnya.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

"Hingga pukul 11.00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock)," ucapnya.

Dia meminta masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," bebernya.


Tulis Komentar