Riau

Hari Ini Tol Pekanbaru - Dumai Seksi I Dioperasikan

Gubernur Riau Syamsuar (tengah) dan Bupati Siak (kanan) di Gerbang Tol Pekanbaru-Dumai.

GILANGNEWS.COM - Hari ini Senin (23/12/2019) akan tercatat dalam sejarah dimana Riau akan memiliki jalan tol, setelah puluhan tahun diimpikan-impikan dan kini terwujud.

Tol Pekanbaru - Dumai seksi I sepanjang 13,5 kilometer resmi dioperasikan, masyarakat bisa menikmati tanpa membayar selama kurang 11 hari, 23 Desember 2019 sampai 2 Januari 2020.

Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero) Muhammad Fauzan mengatakan, bagi masyarakat Riau yang ingin mencoba jalan tol seksi I tersebut bisa langsung masuk melalui pintu masuk pertama di Muara Fajar Rumbai dan keluar di Perempatan Perawang.

Tol Pekanbaru - Dumai seksi 1 ini dioperasikan mulai pukul 08.00 Wib hingga 16.00 Wib khusus untuk kendaraan golongan 1 atau non bus.

"Mulai tanggal 23 Desember sampai 2 Januari 2020 tol Pekanbaru Dumai seksi 1 akan kita fungsionalkan. Uji coba ini sekaligus untuk kepentingan natal dan tahun baru. Karena saat natal dan tahun baru itukan lalu lintas padat. Jadi kalau tol Pekanbaru - Dumai seksi 1 itu dibuka bisa mengurai kemacetan," ujar Fauzan.

Pihak Hutama Karya juga mengaku sudah mempersiapkan fasilitas pendukung untuk keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan tol. Seperti rambu-rambu dan marka jalan dan armada pelayanan lalu lintas. Tidak hanya itu, pihaknya juga sudah menyiapkan dua titik pos polisi lalu lintas yang ditempatkan di simpang masuk ringroad KM 19 serta di simpang Perawang.

"Kita sudah siapkan ambulance dan kendaraan patroli untuk armada pelayanan lalulintas. Sudah kami koordinasikan dengan Polres setempat agar dapat menyiagakan personelnya di masing-masing pos tersebut," jelasnya.

Lebih jauh dikatakannya, untuk seksi 2 hingga seksi 6 saat ini terus digesa pembangunannya. Pihaknya menargetkan Maret 2020 proyek pembangunan tol Pekanbaru - Dumai tuntas dikerjakan.

"Maksimal Maret 2020 kita selesaikan, karena ada beberapa ruas yang masih proses pengerjaan,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Kementrian Perhubungan bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) serta PT Hutama Karya, telah melakukan uji kelaikan jalan tol Pekanbaru-Dumai selama dua hari, mulai tanggal 16-17 Desember 2019. Dan hasilnya untuk seksi 1 sudah bisa difungsikan dan layak untuk dilalui.


Tulis Komentar