Nasional

Fakta-fakta Tentang Hiu Tutul yang Muncul di Pelabuhan Probolinggo

Hiu paus.

GILANGNEWS.COM - Dua hiu tutul atau (whale shark) muncul di permukaan pelabuhan bongkar Probolinggo, Jawa Timur. Peneliti LIPI Selvia Oktaviyani menyebut nama sebenarnya hiu tersebut yakni hiu paus atau Rhincodon Typus.

"Oh itu hiu paus (Rhincodon typus), kadang masyarakat bilangnya hiu tutul karena tubuhnya ada tutul-tutul," kata Selvia kepada wartawan, Kamis (26/12/2019).

Menurut Selvia, hiu pau memang kerap muncul di permukaan. Biasanya, sebut dia, hiu paus muncul ke permukaan untuk mencari makan.

"Jenis ini biasa hidup di perairan hingga kedalaman 100 meter. Biasanya muncul ke permukaan karena sedang mencari makan. Makannya ini zooplankton dan ikan-ikan kecil, kaya baby tuna, teri," jelasnya.

Berikut fakta-fakta tentang hiu paus yang muncul ke permukaan di Probolinggo:

- Pernah muncul di Kepulauan Seribu
Hiu paus pernah muncul ke permukaan sekitar Pulau Onrust pada 28 Oktober 2018 silam. Hiu jenis tersebut sebelumnya juga pernah muncul ke permukaan di Probolinggo, tepatnya di kanal PLTU Paiton.

- Jenis ikan yang dilindungi
Hiu paus merupakan jenis ikan yang dilindungi sesuai Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 18 Tahun 2013

- Panjang hiu paus bisa mencapai 20 meter
Hiu paus yang muncul di pelabuhan Probolinggo tergolong juvenil (muda). Namun, panjang hiu paus dewasa bisa mencapai 20 meter.

"Pernah tercatat ukuran maksimumnya mencapai 20 meter. Oleh karena itu, hiu paus merupakan jenis ikan terbesar yang ada di dunia," ucap Selvia.

- Bukan karnivor yang mencari makanan berukuran besar
Jenis makanan hiu paus cenderung planktonik. Hiu paus bukan jenis ikan yang sering mencari makanan berukuran besar.

"Makannya ini zooplankton dan ikan-ikan kecil, kaya baby tuna, teri. Dilihat dari jenis makanannya yang cenderung planktonik, maka dia bukan karnivor yang masif mencari makanan dengan ukuran yang besar," ungkap Selvia.

- Jenis ikan yang tak berbahaya bagi manusia
Hiu paus memang kerap muncul ke permukaan. Hiu paus tergolong ikan yang tidak berbahaya bagi manusia atau harmless.


Tulis Komentar