Nasional

Uskup Ignatius Sebut Anies ke Katedral Tak Ganggu Peribadatan

Uskup Ignatius Kardinal Suharyo mengatakan kedatangan Anies Baswedan di misa malam Natal tak mengganggu jalannya ibadah karena bertepatan dengan waktu khotbah.
Loading...

GILANGNEWS.COM - Keuskupan Agung Jakarta bersyukur atas Penyelenggaraan Ilahi karena peribadatan pada Hari Raya Natal di semua gereja-gereja berjalan dengan baik.

Bapa Uskup Keuskupan Agung Jakarta sekaligus Ketua Konferensi Wali Gereja Indonesia Ignatius Kardinal Suharyo mengatakan berterima kasih kepada Kepolisian, aparat keamanan dan TNI, serta seluruh komunitas atau pribadi yang ikut terlibat dalam pengamanan perayaan Natal di Gereja Katedral, baik di Jakarta maupun di seluruh Indonesia.

"Dimaknai sebagai Penyelenggaraan Ilahi karena kedatangan pemimpin daerah beserta jajaran sungguh meneguhkan," ucap Uskup Ignatius dalam keterangan tertulis, Jumat (27/12).

"Kedatangan mereka juga pas pada waktunya dan memberi sambutan pun sesuai dengan tata cara peribadatan Katolik sehingga tidak ada jemaat yang merasa terganggu," imbuhnya.

Loading...

Uskup Ignatius mengatakan, Gubernur Anies Baswedan dalam misa malam Natal, datang dan memberi sambutan bertepatan dalam waktu khotbah. Khotbah adalah saat imam berbicara memberikan pesan bacaan-bacaan dalam peribadatan yang berkaitan dengan tema Natal.

"Pada saat itulah, Imam yang berkhotbah mempersilakan Bapak Anies berbicara dan memberikan semacam kata sambutan. Hal ini tentu tidak mengganggu jalannya peribadatan karena berjalan sesuai pengaturan dari pihak Gereja Katedral," ucap Uskup Ignatius.

Selain itu, ia juga menyambut baik pelaksanaan Christmas Carol di Jakarta dan pohon Natal di Taman Thamrin 10 yang dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Kebersamaan, persatuan, dan kesetaraan yang dibangun oleh Pemprov DKI bagi warganya, sungguh meneguhkan dan sesuai dengan tema Natal 2019, Hiduplah sebagai Sahabat bagi Semua Orang (Yoh 15:15-16)," ungkapnya.

"Keberagaman adalah suratan Tuhan, hukum alam, manusia menerima itu sebagai kenyataan. Tapi persatuan adalah usaha manusia. Karena itu, pesan kami kepada kita semua, mari kita terus rawat dan usahakan untuk bisa menghadirkan persatuan. Semoga semangat persatuan selalu hadir dan untuk bisa menjaga persatuan," kata Anies dalam sambutan di Gereja Katedral, Jakarta, Selasa (24/12).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beserta Forkopimda wakapolda, kasdam dan jajarannya, FKUB, Yudi Latif, serta komunitas lintas agama hadir di perayaan Natal di Gereja Katedral Jakarta. Hadir juga Misa Pontifikal dan akademisi lintas agama dari UIN.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar