Nasional

Cegah Penyebaran Corona, Lapas Palopo Bolehkan Napi Video Call Keluarga

Ilustrasi video call di lapas.

GILANGNEWS.COM - Di tengah mewabahnya virus Corona (COVID-19), Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel), mulai memberlakukan kunjungan online untuk narapidana. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona, mengingat lapas merupakan wilayah yang cukup rentan.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Kota Palopo Indra Sofyan mengatakan kunjungan online ini untuk mengikuti surat edaran larangan untuk berhubungan langsung dengan para narapidana.

"Jadi dengan adanya edaran melarang berhubungan langsung jadi sekarang dengan cara video call, tapi dengan catatan ada nomor-nomor khusus keluarga inti yang bisa dihubungi," ujar Indra, Sabtu (28/3/2020).

Lebih lanjut, menurut Indra, keluarga narapidana tidak usah lagi repot-repot datang ke lapas untuk menjenguk. Sebab, ini mempertimbangkan risiko penyebaran atau penularan yang sangat rentan untuk wilayah lapas.

"Tidak perlu lagi mereka itu datang ke sini, karena risikonya, karena penularan COVID-19 itu sangat betul-betul rentan sekali," jelasnya.


Tulis Komentar