Riau

Covid-19 Mengancam, Bagaimana Penanganan Kebakaran Lahan dan Hutan di Riau?

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Merebaknya virus Corona (Covid-19) di Provinsi Riau, tidak menghilangkan semangat satuan tugas (Satgas) kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Riau menjaga langit Riau tetap biru tanpa asap.

"Penanganan Karhutla tetap seperti biasa sesuai protap meski kondisi virus Corona. Karena ini tugas negara demi menjaga NKRI bebas asap," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, H Edwar Sanger kepada wartawan, Senin (30/3/2020).

"Jadi rekan-rekan kita yang tergabung dalam Satgas Karhutla tetap fokus melakukan pemadaman kebakaran. Artinya dalam kondisi Corona kita tidak menyampingkan mencegahan Karhutla," sambungnya.

Lebih lanjut Edwar menyampaikan, dalam kondisi pancaroba di wilayah Riau ini, ada beberapa titik kebakaran yang dilakukan pemadamn dan pendinginan.

"Seperti kemarin di Dumai dan Pelalawan. Alhamdulillah di Dumai sudah claer, dan sekarang kita fokus pemadaman di Pelalawan dan Bengkalis," terangnya.

Pemadaman di dua daerah itu, sebut mantan Penjabat Walikota Pekanbaru, pihaknya menerjunkan dua helikopter untuk water boombing.

"Termasuk helikopter dunia usaha kita terjunkan, karena ada kebakaran di Pelalawan yang berdekatan dengan wilayah operasi mereka," tutupnya.


Tulis Komentar