Riau

Ini Data Pelanggan Listrik di Riau yang Dapat Subsidi Efek Covid-19

Ilustrasi.
Loading...

GILANGNEWS.COM - Di tengah wabah pandemi corona, pemerintah memberikan keringanan biaya listrik bagi masyarakat tertentu. Pengguna listrik golongan 450 VA dan 900 VA yang tidak mampu, baik yang prabayar maupun pascabayar akan mendapatkan insentif bayar listrik selama tiga bulan ke depan.

Berapakah jumlah pelanggan pengguna listrik golongan 450 VA dan 900 VA di Riau yang mendapatkan subsidi listrik tersebut?

Manager Komunikasi PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau, Tajuddin Nur kepada wartawan menjelaskan, subsidi diberikan untuk Pelanggan 450 dan 900 VA yang masuk kategori miskin dan tidak mampu.

"PLN atas dasar itu melalui instruksi Pemerintah Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) melakukan cek lapangan dan menindaklanjuti untuk menetapkan tarif subsidi bagi pelanggan kategori tersebut. Untuk seluruh Indonesia ada 24 juta daya 450 VA dan 7 Juta daya 900 VA yang mendapatkan subsidi," ujar Tajudin.

Loading...

Disampaikan Tajudin, untuk wilayah Riau dan Kepulauan Riau, ada 107.590 pelanggan dengan daya 450 VA yang mendapat subsidi listrik.

"Jadi 107.590 pelanggan ini langsung dibebaskan tagihannya pada bulan April, Mei dan Juni. Untuk yang prabayar tidak perlu membayar, sementara untuk pelanggan pra bayar dapat memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke WA dengan nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id. Dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir," cakapnya.

Selanjutnya, untuk pelanggan dengan daya 900 VA yang mendapatkan potongan atau diskon hingga 50 persen jumlahnya mencapai 221.353 pelanggan.

"Bagi pelanggan pascabayar, rekening yang harus dibayarkan pada tiap bulannya akan dikurangi 50%. Sementara bagi pelanggan prabayar, token listrik gratis sebesar 50% akan diberikan kepada pelanggan, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir," tukasnya.

Berikut ini mekanisme pengambilan token gratis untuk pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan diskon 50% untuk Pelanggan Rumah Tangga daya 900 VA bersubsidi.

Mekanisme website dengan cara:

1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19

2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.

3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Melalui WA ke nomor 08122-123-123:

1. Buka Aplikasi WhatsApp

2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123, ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.

3. Token gratis akan muncul

4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar