Nasional

Nakhoda Pencari Ikan Hilang Digulung Ombak di Sukabumi

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Nasib tragis dialami Samsul. Nakhoda pencari ikan itu hilang tergulung ombak di muara Cikaso, Dermaga Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, Jumat (15/5/2020). Sebelum insiden tersebut, posisi kapal hampir merapat ke pesisir pantai.

Pencarian nakhoda itu berlangsung hingga petang tadi. Namun keberadaan Samsul belum ditemukan.

Ketua Forum Koordinasi SAR Daerah Kabupaten Sukabumi Okih Fajri mengatakan peristiwa laka laut ini bermula saat korban bersama seorang anak buah kapal (ABK) hendak pulang melaut. "Korban berniat menyandarkan kapalnya melalui pintu masuk muara Cikaso dan posisi perahu hampir merapat ke pesisir pantai. Tiba-tiba datang gelombang ombak dan langsung menerjang kapal tersebut, sekitar pukul 07.00 WIB," kata Okih kepada wartawan.

Korban yang saat itu bersama seorang ABK terpeleset jatuh ke laut. Tubuhnya diduga terseret gelombang tinggi hingga ke tengah laut.

"Sementara seorang ABK yang merupakan temannya itu selamat, karena langsung memegang badan perahu saat ombak datang," ujar Okih.

ABK selamat melaporkan peristiwa itu ke keluarga korban dan Muspika setempat. "Korban tenggelam di perairan Laut Selatan Sukabumi. Karena, kapal yang mereka tunggangi dihantam ombak dengan ketinggian sekitar tiga meter," ucapnya.

"Iya, kondisi ombak memang sedang pasang dan angin pun bertiup kencang," kata Okih menambahkan.

Hingga kini korban belum juga ditemukan. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, FKSD Kabupaten Sukabumi mengimbau kepada seluruh nelayan yang beroperasi di perairan laut Sukabumi Selatan agar meningkatkan kewaspadaannya.

"Sudah ada beberapa hari terakhir, gelombang di perairan Laut Selatan Sukabumi sangat tinggi. Sekarang kondisi air di lokasi tempat kejadian musibah memang sedang pasang dengan ketinggian mulai dari dua meter sampai empat meter," ujar Okih.


Tulis Komentar