Riau

Masjid Dilarang Buka Tapi Mal Padat Manusia, DPRD Riau Minta Pemda Tegas

GILANGNEWS.COM - Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau Hardianto angkat bicara terkait fenomena menjelang lebaran di tengah pandemi Covid-19. Dimana masjid tetap belum diperbolehkan menggelar kegiatan keagamaan yang mendatangkan jemaah. Akan tetapi di sisi lain pengunjung mal di Pekanbaru membludak dipenuhi warga yang hendak berbelanja menjelang lebaran.

Kepada wartawan, Hardianto mengatakan pemerintah daerah harus bertindak tegas namun jangan ambigu, yang pada akhirnya membuat persepsi masyarakat menilai tidak fair.

"Jangan sampai masyarakat menilai tidak adil. Memang menjelang lebaran mal banyak beroperasional dan itu luar biasa banyaknya. Sedangkan masjid-masjid dengan aturan PSBB itu ditutup, sehingga menjadi persepsi yang tidak-tidak di masyarakat," kata Hardianto, Senin (18/5/2020).

Untuk itu, Hardianto meminta kepada Pemda untuk menertibkan mal-mal yang mengundang banyak warga untuk berkumpul.

"Jadi begini, kalau dia pasar swalayan itu tak boleh ditutup, karena berkaitan dengan kebutuhan pangan masyarakat. Tapi kalau mal jual sepatu, baju, yang berkaitan dengan sandang, itu wajib ditutup sesuai dengan aturan PSBB," tukasnya.


Tulis Komentar