Riau

Ini 3 Konsep Kadis LHK Riau yang Baru untuk Mengantisipasi Karhutla

Karhutla di Riau.

GILANGNEWS.COM - Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLH) Provinsi Riau, Maamun Murod, menawarkan tiga konsep untuk antisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau.

"Saya berharap kedepan itu dalam menyelesaikan asap kita tidak bertindak sebagai pemadam kebakaran. Tapi solusinya kita mengantisipasi agar Karhutla tidak terjadi," kata Maamun Murod kepada wartawan, Jumat (18/6/2020).

Karena itu, Maamun Murud yang baru dilantik sebagai Kepala Dinas LHK Riau ini menawarkan tiga konsep menyelesaikan persoalan Karhutla di Riau.

"Ada tiga konsep yang ingin saya tawarkan. Pertama bagaimana kita menguatkan kelembagaan di tingkat dasar yang berbasis pemberdayaan masyarakat lokal. Kedua bagaimana kita melakukan penataan open akses yang saat ini masih cukup besar di Riau," jelasnya.

Open akses dimaksud Murod adalah kawasan hutan, konservasi, hutan lindung, hutan produksi yang tidak ada pengelola di atasnya.

"Open akses ini menjadi potensi para pihak yang bisa masuk di area itu, dan berupaya untuk memanfaatkannya. Nah di situlah cikal bakal terjadinya kebakaran," ujarnya.

Konsep ketiga yang ditawarkan Murod adalah penanggulangan Karhutla berbasis partisipasif. Dimana daerah yang didominasi dengan gambut yang di dalamnya ada perusahaan tentu perlu diselesaikan bersama.

"Kenapa gambut sering kebakaran, tentu ini ada permasalahan. Makanya bagaimana kita memastikan gambut tetap basah, dengan upaya bloking kanal atau bloking aliran yang langsung ke laut," sebutnya.

Dia menambahkan, untuk membuat bloking kanal ini tentu membutuhkan biayanya sangat tinggi, sehingga perlu keterlibatan semua pihak.

"Keterlibatan semua pihak sangat penting untuk bloking kanal, baik dari pusat, daerah, masyarakat. Termasuk dunia usaha perlu terlibat menyelesaikan persoalan ini," tukasnya.


Tulis Komentar