Nasional

5 Rekomendasi Racikan Teh untuk Mengatasi Sakit Perut

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Teh merupakan pengobatan tradisional tertua di dunia. Minum teh dapat meredakan sejumlah penyakit ringan seperti sakit perut. Terdapat sejumlah racikan teh terbaik untuk meredakan sakit perut.

Sari-sari dari daun hijau ini juga mengandung banyak zat gizi mikro yang baik untuk perut atau sistem pencernaan dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Studi menunjukkan, minum teh dapat menurunkan risiko kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

Racikan teh ini bisa didapatkan dan dibuat dengan mudah. Cukup merebus atau menyeduh racikan dan meminum airnya.

Berikut lima racikan teh terbaik untuk meredakan sakit perut

1. Teh jahe

Rebusan air jahe dapat membantu meredakan gejala sakit perut, gangguan pencernaan, mabuk perjalanan, dan mual. Kandungan gingerol, komponen utama dalam jahe tersebut dapat meningkatkan daya tanggap atau reaksi pencernaan. Gingerol juga membantu mengatasi perut kembung.

2. Teh hijau

Teh hijau berkhasiat untuk meredakan gas dalam perut, diare, sakit perut, kembung, serta bisul perut. Teh hijau juga dapat meningkatkan metabolisme sehingga baik untuk menurunkan berat badan.

3. Teh hitam

Teh hitam merupakan teh paling populer di Indonesia. Seduhan daun teh hitam sudah tak bisa dipisahkan dari orang Indonesia.

Daun teh ini dapat meningkatkan kesehatan usus. Teh hitam mengandung mikronutrien yang disebut polifenol. Zat ini dapat membunuh bakteri berbahaya, meningkatkan pertumbuhan bakteri baik, dan memperbaiki lapisan saluran pencernaan.

4. Teh sereh

Teh sereh atau serai dapat mengatasi masalah pencernaan, kram perut, dan gejala PMS. Sereh mengandung minyak atsiri yang melindungi lapisan perut. Selain itu, sereh juga memiliki sifat antimikroba juga dapat menenangkan peradangan, sakit pada gigi berlubang, dan infeksi mulut.

5. Teh kemang

Daun kemangi juga bisa dijadikan teh untuk meredakan sakit perut. Teh kemangi dapat mengatasi gejala diare, mual, dan muntah. Daun kemangi juga mengandung adaptogen atau zat yang dapat meredakan stres.

Teh-teh terbaik untuk sakit perut ini dapat dikonsumsi saat Anda mulai merasakan gejala pertama sakit perut.


Tulis Komentar