Nasional

Jenazah Prajurit TNI Asal Riau yang Tewas di Kongo akan Tiba di Tanah Air Hari Ini

Serma Rama Wahyudi.

GILANGNEWS.COM - Jenazah prajurit TNI Serma Rama Wahyudi yang tewas dalam serangan milisi Allied Democratic Forces (ADF) di Kongo pada Senin 22 Juni 2020 kemarin, akan tiba di Tanah Air hari ini.

Demikian disampaika Kepala Bidang Penerangan Internasional (Kabidpeninter) TNI Kolonel Agus Cahyono. Ia menegaskan, proses pemulangan jenazah Serma Rama Wahyudi ke Indonesia saat ini sedang berjalan.

"Sudah semua, proses berjalan lancar dan bisa dipastikan hari ini jenazah akan tiba di Tanah Air. Kemungkinan malam ya, mengingat lama penerbangan yang memakan waktu hingga 20 jam," terang Kolonel Agus Cahyono kepada wartawan, Kamis (25/06/2020).

Direncanakan jenazah prajurit Satgas TNI Konga XX-Q/Monusco itu akan dipulangkan ke rumah duka di Jalan Garuda Sakti Kilometer 6 Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Untuk seterusnya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kota Pekanbaru.

Mengutip rilis resmi Mabes TNI diterangkan, Serma Rama Wahyudi tewas pada hari Senin (22/6/2020) sekitar pukul 17.30 waktu setempat ketika rombongan konvoi kendaran Satgas Konga XX-Q/Monusco yang ditumpanginya diserang secara membabi buta oleh kelompok bersenjata pemberontak Allied Democratic Forces (ADF) Kongo.

Komandan Satgas Kizi TNI Konga XX-Q/Monusco Letkol Czi M.P. Sibuea mengatakan, rombongan kendaraan Satgas Kizi TNI Monusco itu sebelumnya melintas dalam rangka membawa suplay logistik bantuan ke Temporary Operation Base (TOB) untuk prajurit Satgas Kizi TNI Konga XX-Q/Monusco yang melaksanakan pembangunan Jembatan Halulu sebagai sarana pendukung bagi masyarakat setempat.

"Ketika perjalanan kembali ke COB (Central Operation Base), terjadi penghadangan dengan dihujani tembakan kearah konvoi kendaraan angkut personel yang dikawal oleh dua unit kendaraan tempur APC Malawi Batalyon di wilayah Makisabo," kata Dansatgas Letkol Czi Sibuea.

Serma Rama Wahyudi tewas dengan luka tembak yang menembus bagian dada atas sebelah kirinya. Selain itu, serangan pemberontak ADF Kongo itu juga telah melukai salah seorang prajurit TNI lainnya.

"Sementara satu prajurit TNI lainnya yang terluka saat ini mendapat perawatan di Rumah Sakit Level III Goma MONUSCO," ujarnya.


Tulis Komentar