Riau

Pemprov Riau Akan Evaluasi Kinerja Semua BUMD

GILANGNEWS.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan mengevaluasi kinerja semua Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

"Ke depan semua BUMD kita evaluasi. Kita berharap ke depan BUMD Riau bisa lebih bagus dan baik lagi," tegas Kepala Biro Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setdaprov Riau, Jhon Armedi Pinem kepada wartawan, Jumat (3/7/2020).

Karena itu, Jhon Pinem menegaskan bagi BUMD yang tidak menunjukkan kinerja yang baik, saat evaluasi bisa direksi diganti seperti direksi Permodalan Ekonomi Rakyat (PER).

"Kemukinan kita ganti direksi BUMD ada saja. Artinya kalau kinerja tak bagus mau tak mau harus dievaluasi, karena ke depan kita ingin BUMD sesuai apa yang diharapkan masyarakat," ujarnya.

Sebab menurutnya, selama ini kebanyakan BUMD Riau tidak bisa memberikan deviden sesuai yang diinginkan pemegang saham.

"Bahkan ada BUMD yang masih nyusu (bergantung) modal kepada daerah. Ini yang harus kita perbaiki, sehingga BUMD kita bisa memberi deviden yang bagus," tegasnya lagi.

Untuk itu Kepala Biro Perekonomian dan SDA Setdaprov Riau yang baru dilantik Gubernur Riau dua minggu lalu ini meminta dukungan semua pihak, sehingga bisa membenahi kinerja BUMD Riau.

"Kita akan action terus membenahi BUMD sesuai arahan pimpinan (Gubernur)," pungkasnya.

Untuk diketahui Provinsi Riau memiliki 7 BUMD diantranya: PT Bank Riau Kepri (BRK), PT Pengembangan Investasi Riau (PIR), PT Jaminan Kredit Daerah (Jamkrida), PT Permodalan Ekonomi Rakyat (PER), PT Bumi Siak Pusako (BSP), dan PT Riau Petroleum dan PT Riau Airline (RAL).


Tulis Komentar