Riau

Fokus di Masjid Annur, Pemprov Riau Tak Gelar Salat Id di Halaman Kantor Gubernur

Zulkifli Syukur.
Loading...

GILANGNEWS.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau meniadakan salat Id 1441 Hijriyah di lapangan, dan memfokuskan di Masjid Raya Annur Riau.

"Tahun ini salat Idul Adha di lapangan kita tiadakan karena kondisi pandemi Covid-19," kata Kepala Biro Kesra Setdaprov Riau, H Zulkifli Syukur kepada wartawan, Rabu (29/7/2020).

Dia mengatakan, biasanya salat Idul Adha dilaksanakan di dua tempat yakni Masjid Raya Annur dan lapangan Kantor Gubernur Riau, tahun ini hanya dilaksanakan di Masjid Raya Annur.

Lebih lanjut Zulkifli menyampaikan, salat Idul Adha di Masjid Raya Annur tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Dimana jemaah sebelum masuk masjid dilakukan pemeriksaan suhu tubuh menggunakan Thermogun.

Loading...

"Kita sudah siapkan 10 Thermogun untuk mengecek suhu badan jemaah. Kita harap jemaah dapat hadir 1 jam sebelum masuk salat yang dimulai pukul 07.30 WIB. Jadi pukul 07.20 WIB pintu pagar kita tutup," jelas Sekretaris Umum Masjid Raya Annur Riau ini.

Karena salat dilaksanakan di dalam masjid, sebut Zulkifli, kapasitas jemaah juga dibatasi. Hal ini untuk menghindari kerumunan dalam upaya menerapkan protokol Covid-19.

"Kalau biasanya kapasitas masjid bisa menampung 2.500-3.000 orang. Sekarang maksimal bisa diisi 500 orang untuk dilantai atas, dan dilantai bawah aula kapasitas 100 orang. Karena jaraknya kita atur 1,5 meter," terangnya.

Zulkifli menambahkan untuk pelaksanaan salat Idul Adha di Masjid Raya Annur yang bertindak sebagai Imam adalah Ustaz H Amin Yono Alhafis, dan Khatib Dr H Mawardi Saleh Lc MA.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar