Riau

Tol Permai akan Diresmikan oleh Presiden Jokowi Siang Nanti Secara Virtual

Tol Permai.

GILANGNEWS.COM - Presiden Joko Widodo akan meresmikan tol Pekanbaru-Dumai (Permai) siang ini, Jumat (25/9) usai Salat Jumat. Berbeda dengan peresmian beberapa tol di tanah air, tol Permai akan dilakukan secara virtual dari istana presiden.

Pihak yang akan hadir langsung adalah Menteri PUPR M Basuki Hadajimulyono bersama Gubernur Riau dan unsur Forum Komunikasi dan Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Basuki Hadajimulyono menyampaikan kesiapan peresmian tol sepanjang 131 Kilometer ini kepada Presiden Joko Widodo setelah mengecek langsung pembangunannya dari gerbang tol Pekanbaru di Rumbai hingga gerbang tol Dumai, Bagan Besar, Bukit Kapur, Kota Dumai, tempat berlangsungnya peresmian tol tersebut.

“Kami saat ini berada di Kilometer 16 jalan tol Pekanbaru-Dumai, yang sebentar lagi akan diresmikan pengoperasiannya oleh bapak Presiden,” ujar Menteri PUPR.

Lebih lanjut dikatakannya, selain peresmin tol Pekanbaru-Dumai, juga disampaikan akan dilaksanakan penandatanganan pembangunan ruas jalan tol Pekanbaru-Rengat dan juga Rengat-Jambi, yang nantinya akan menyambungkan ruas jalan tol Pekanbaru - Lampung - Palembang.

“Kami juga akan menandatangani perjanjian kerja antara PU dengan PUJT untuk ruas jalan Pekanbaru Rengat ke arah Selatan menuju Jambi sepanjang 175 Km. Dan dari Rengat ke Jambi sepanjang 195 Km sedang kami usahakan percepatannya. Ditargetkan tiga tahun, tahun 2023, Insya Allah Lampung, Pekanbaru langsung disambungkan,” katanya.

Untuk diketahui, tol Pekanbaru - Dumai terdiri dari 6 (enam) seksi tol yaitu seksi 1 (Pekanbaru - Minas) sepanjang 9,5 KM , seksi 2 (Minas – Kandis Selatan) sepanjang 24,1 KM, seksi 3 (Kandis Selatan – Kandis Utara) sepanjang 16,9 KM, seksi 4 (Kandis Utara-Duri Selatan) sepanjang 26,5 KM, seksi 5 (Duri Selatan-Duri Utara) sepanjang 29,45 KM dan seksi 6 (Duri Utara- Dumai) sepanjang 25,05 KM.

Tol ini juga akan dilengkapi oleh 7 (tujuh) Gerbang Tol dan lima Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area. TIP akan terbagi menjadi 2 (dua) tipe yakni Tipe A yang terletak di KM 14,5, KM 45, dan KM 82. Sedangkan Tipe B terletak di KM 64 dan KM 13 (arah Pekanbaru).


Tulis Komentar