Nasional

Dibandrol hingga Rp 2 Juta, Ketua DPR Minta Pemerintah Kendalikan Tarif Tes Swab

Ketua DPR Puan Maharani.

GILANGNEWS.COM - Ketua DPR Puan Maharani meminta pemerintah mengendalikan tingginya tarif tes swab mandiri yang dibandrol seharga Rp 1,7 juta hingga Rp 2 juta sebagai langkah penting dalam pengendalian dan penanganan penyebaran virus korona (Covid-19).

Menurut Puan, pengendalian tarif tes swab dengan cara menetapkan tarif harga minimum dan terjangkau akan mendorong kesadaran serta minat masyarakat untuk melakukan tes swab mandiri.

"Meminta Pemerintah agar pelaksanaan tes swab harganya dikendalikan dengan menurunkan harga minimum yang terjangkau, ada standarisasi harga. Jadi masyarakat bisa melakukan tes swab mandiri," kata Puan kepada wartawan di di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (29/9/2020).

Dengan pengendalian tarif harga tes swab itu, diyakininya pemerintah akan terbantu dalam penanganan pandemi Covid-19 secara menyeluruh. Karena akan terjadinya kesadaran untuk tes swab mandiri yang terbangun di tengah masyarakat.

Kesadaran masyarakat pun harus ditingkatkan demi memutus mata rantai Covid-19. Terutama disiplin menjalankan protokol kesehatan seperti mengenakan masker, menjaga jarak, dan sering mencuci tangan.

“Saya minta penanganan Covid-19 punya standarisasi atau pakem yang jelas di seluruh Indonesia,” kata Puan.


Tulis Komentar