Riau

Staf Khusus Menkes Sebut Covid-19 akan Mati Sendiri dalam Waktu 14 Hari dengan Imunitas

GILANGNEWS.COM - Staf Khusus Menteri Kesehatan Bidang Peningkatan Sumber Daya Manusia Kesehatan, dr Mariya Mubarika menyebut virus Corona yang menginfeksi masyarakat bisa mati sendiri dalam waktu 14 hari dengan imunitas.

"Perlu diketahui virus yang menginfeksi kita itu bisa mati sendiri dalam 14 hari dengan imunitas," kata Mariya usai rapat bersama Satgas Penanganan Covid-19 Riau dalam rangka percepatan penangan Covid-19 Riau, di Gedung Daerah Pekanbaru, Riau (6/10/2020).

Menurutnya, jika pasien bergejala atau rentan itu bisa lama dirawat sekitar 3-4 minggu perawatannya. Tapi orang-orang tanpa gejala itu virus bisa mati sendiri.

"Kalau selama dua minggu kita kompak menerapkan protokol kesehatan, maka virus yang ada di Riau ini akan hilang semua. Jadi bisa dilihat video-video di Wuhan saat ini, mereka sudah berhasil mengeradikasi virus dengan protokol kesehatan saja," terangnya.

Lebih lanjut Mariya menjelaskan, penyebaran Covid-19 yang terjadi di tengah-tengah masyarakat saat ini, akibat dari tidak disiplinnya masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Termasuk bagi OTG positif yang seharusnya mengkarantinakan diri tetap bebas keluar, tanpa ada kesadaran virus tersebut akan menyebarkan kepada orang terdekat.

Karena itu, dalam persoalan ini perlu kesadaran penuh setiap OTG, dan bagi masyarakat yang ada gejala bisa melaporkan diri untuk berobat, tanpa harus menunggu di swab.

"Untuk isolasi mandiri kepatuhannya memang tergantung dari kesadaran masing-masing, ada yang punya kesadaran penuh, dia ingin melindungi dirinya dan masyarakat, ada yang masa bodoh dan dia tidak peduli walaupun dia positif dia tetap berjalan-jalan," ungkapnya.

"Nah, itulah perlu proses diciptakan kebersamaan, satu-satunya yang cepat untuk mengatasi pandemi ini adalah kepatuhan dan kekompakan. Mata rantai ini tidak akan terputus jika tidak ada kekompakan," cakapnya.


Tulis Komentar