Riau

Serahkan Hadiah 12 Pemenang Tahfidz Quran, Gubri: Semoga Anak Riau Banyak Penghafal Alquran

Serahkan Hadiah 12 Pemenang Tahfidz Quran, Gubri: Semoga Anak Riau Banyak Penghafal Alquran

GILANGNEWS.COM - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyerahkan hadiah pemenang lomba Tahfidz Quran tingkat SMA/SMK sederajat se-Provinsi Riau tahun 2020, di Kediaman Gubri, Jumat (09/10/20).

Sebanyak 12 siswa ditetapkan sebagai pemenang program Tahfidz Quran yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Provinsi Riau bersama Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Riau ini.

Adapun hadiah yang diserahkan Gubri tersebut berupa piala, uang pembinaan, sertifikat serta smartphone yang bisa membantu para tahfidz untuk belajar daring.

Selain itu, para pemenang Tahfidz Quran juga menerima bantuan uang tabungan dari Bank Riau Kepri, Bank BRI, dan PT Telkomsel, dengan total jutaan rupiah.

Dalam kesempatan itu, Gubri Syamsuar mengaku bangga dan berharap agar program tersebut ke depan dapat dilanjutkan.

"Saya berharap kedepan program Tahfidz Quran ini dapat dilanjutkan, sehingga lebih banyak lagi penghafal Alquran di Bumi Melayu ini. Karena anak hafiz dan hafizah ini adalah anak yang memiliki intelektual tinggi. Sehingga ketika mereka dihadapkan dalam stuasi akademi apapun itu, mereka lebih mudah untuk beradaptasi," ungkap Gubri.

Karena itu, Syamsuar berharap nantinya lomba tahfidz dapat terus ditingkatkan, dengan tidak mengabaikan pondok pesantren atau sekolah agama, tapi juga sekolah umum seperti SMA dan SMK.

"Kami harap hadiah yang diberikan bermanfaat untuk menunjang pendidikan, semoga anak-anak Riau menjadi anak-anak yang cerdas dan juga banyak yang menjadi hafal Alquran," cakapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Riau, Zul Ikram mengatakan, pihaknya berharap program Tahfidz Wirman dapat memberikan semangat bagi siswa disamping masih pandemi Covid-19.

"Kedepan kegiatan tahfiz ini dapat berkesinambungan, sehingga program ini tidak hanya berada di sekolah Islam terpadu atau pondok pesantren, tapi juga di sekolah umum. Ini sudah kita buktikan, tenyata sekolah umum dan IT basisnya relatif imbang sekolah Islam," ujarnya.

"Dan ini pertanda bahwa penghafal Alquran itu tidak hanya berada di sekolah Islam tepadu atau pondok pesantren saja, tapi juga di sekolah umum. Ini akan kita jadikan pedoman teknis di Disdik, mudah-mudahan dapat dilanjutkan dimasa akan datang," tutupnya.

Adapun nama-nama yang berhasil meraih juara dalam lomba tahfidz yaitu, untuk kategori Hafiz, juara I diraih oleh Raja Dandi Purnama Putra dari SMAIT Kahar Rahman Indragiri Hulu, Juara II Muhammad Astomo SMAIT Plus Bazma Brilliant Dumai, Juara III Muhammad Al Hafiz SMAN 4 Bengkalis.

Kemudian juara harapan I Dhiwa Falqahi Mardiyosa SMAIT Imam Syafi'i 2 Pekanbaru, juara harapan II Ahmad Andri Yanto SMK Negeri 5 Pekanbaru dan juara harapan III Aditya Faiz Ardin SMAN I Bangko Rokan Hilir.

Untuk kategori hafizah, juara I diraih oleh Aisyah Adz Dzakiyah SMA Islam Nurul Ilmi Siak, Juara II Karimah Sholehah SMA IT-Alfityah Pekanbaru, Juara III Umi Pratiwi SMK Rokan Kabupaten Rokan Hilir.

Sedangkan harapan I yaitu Qori Hastin Arfifia SMAS IT Mutiara Bengkalis, harapan II Siti Julaikha SMAN Pintar Kuantan Singingi, harapan III Jalila Hanum SMAN I Bangkinang Kota Kampar.


Tulis Komentar