Nasional

Imbas Pandemi Covid-19, Sri Mulyani Prediksi 5,2 Juta Orang Kehilangan Pekerjaan

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani.

GILANGNEWS.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut dampak pandemi Covid-19 sangat terasa di sektor perekonomian. Sebab, pandemi ini diharuskan adanya pembatasan di berbagai bidang.

Sri Mulyani menyampaikan, ekonomi Indonesia bakal minus 1,2 persen sampai 0,6 persen pada 2020. Kontraksi terdalam juga terjadi pada kuartal II 2020 yang minus 5,3 persen.

Indeks properti juga turun dari 9,78 persen. "Kita juga prediksikan lebih dari 5,23 juta orang akan kehilangan pekerjaan di tahun ini karena pandemi. Kita harus recovery dari dampak pandemi, di balik semua kendala yang kita hadapi, pandemi juga telah membuat kita mentransformasikan ekonomi kita," ujar Sri Mulyani dalam acara Private Investment For Climate 2020, Rabu (14/10/2020).

Dia juga menyebut, pandemi Covid-19 telah membuat Indonesia harus mundur beberapa tahun ke belakang karena situasi saat ini membuat Indonesia tidak bisa meraih cita-citanya.

"Pandemi telah membuat kita mundur beberapa tahun karena tidak bisa meraih cita-cita bangsa. Saya menginformasikan bahwa pandemi telah mengakibatkan kontraksi sebesar 4,0 persen perekonomian global di tahun ini," ucapnya.


Tulis Komentar