Nasional

Bertemu PM Jepang, Jokowi Bahas Pengelolaan Covid-19

Jokowi hargai kontribusi Jepang dalam ASEAN COVID-19 Response Fund .

GILANGNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan dalam pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga juga membahas pengelolaan Covid-19.

Jepang, kata Jokowi, merupakan mitra penting dalam mitigasi pandemi Covid-19.

"Sejak awal pandemi, Jepang merupakan mitra penting bagi Indonesia dalam mitigasi pandemi, termasuk evakuasi 69 ABK dari Kapal Diamond Princess di Yokohama," ujar Jokowi dalam jumpa pers di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (20/10/2020).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyambut baik penandatanganan momerandum kerjasama kesehatan antara Indonesia dan Jepang pada 19 Oktober lalu.

Indonesia menghargai komitmen dan kontribusi jepang bagi pembentukan ASEAN Covid-19 Response PAN.

"Saya juga mengajak Jepang memperkuat tata kelola kesehatan di kawasan untuk menghadapi pandemi di masa datang termasuk pembentukan Asean Center Health for Emerging Disease," tutur dia.

Di kesempatan yang sama, Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga mengatakan dengan mempertimbangkan dampak penyebaran covid terhadap perekonomian Indonesia, Jepang akan memberikan pinjaman sebesar 50 miliar Yen atau setara Rp 6,96 triliun.

"Pada kesempatan ini Jepang menetapkan memberikan pinjaman sebagai bantuan fiskal sebesar 50 miliar yen untuk meningkatkan kapasitas penanggulangan bencana Indonesia. Selain itu Jepang akan mendorong lembaga pengkajian kesehatan di Indonesia melalui pemberian barang dan medis," katanya.


Tulis Komentar