Riau

Realisasi APBD Riau Rendah: Keuangan 49,16 Persen, Fisik 54,57 Persen

GILANGNEWS.COM - Realisasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Riau tahun 2020 jelang akhir Oktober masih rendah. Penyerapan keuangan baru mencapai 49,16 persen, dan fisik 54,57 persen.

"Realisasi penyerapan keuangan 49,16 persen, dan fisik diatas itu (54,57 persen)," kata Asisten II Setdaprov Riau, Evarefita kepada wartawan, Jumat (23/10/2020).

Meski begitu, lanjut Eva, saat ini semua kegiatan berproses. Apalagi setiap bulan pihaknya melakukan evaluasi serapan APBD Riau.

"Tapi sekarang kan lagi berproses, karena setiap bulan kita rapat evaluasi perkembangan. Dan Alhamdulillah sudah naik dari sebelumnya," ujarnya.

Eva menilai, lambatnya realisasi APBD Riau 2020 dipengaruhi adanya realokasi dan recofusing anggaran untuk penanganan Covid-19.

"Apalagi kemarin itu APBD perubahan belum fix, sehingga pagu OPD terlihat besar dan realisasi kecil," sebutnya.

Namun mantan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Riau ini optimis, diperkirakan akhir November realisasi APBD Riau bisa naik signifikan.

"Tapi nanti di November mulai naik signifikan. Perkiraan November, kita optimis mungkin bisa mencapai 79 persen. Semoga tercapai. Itu perkiraan saya melihat perhitungan," cakapnya.


Tulis Komentar