Nasional

Agar Tak Bebani Rakyat, MPR Minta Subsidi Silang Harga Vaksin Corona

GILANGNEWS.COM - Wakil Ketua MPR Syarief Hasan menyebut pandemi COVID-19 semakin mengkhawatirkan masyarakat, terutama mengancam kesehatan. Ia mengatakan seharusnya setiap orang berhak memperoleh pelayanan kesehatan seperti halnya yang tertulis dalam UUD NRI Tahun 1945 Pasal 28H ayat (1). Oleh karena itu, pemerintah perlu melakukan upaya-upaya untuk menjamin itu, salah satunya melalui vaksin virus Corona.

"Kabar yang saya terima di awal tahun 2021 vaksin sudah ada dan langsung didistribusikan. Tapi, ada juga informasi yang mengatakan di akhir 2020 vaksin tahap pertama sudah siap. Secepatnya saya kira lebih bagus. Untuk masyarakat, jika sudah tersedia, saya imbau jangan takut lakukan vaksinasi. Sebab ini demi keselamatan kita semua juga," ujar Syarief dalam keterangannya, Jumat (30/10/2020).

Hal tersebut ia sampaikan usai menghadiri acara Seminar Nasional Kebangsaan MPR RI, di Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10).

Pimpinan MPR dari partai Demokrat ini juga mengatakan vaksin sangat diperlukan sebagai langkah upaya pertahanan diri dari virus Corona yang belum jelas masa berakhirnya.

"Yang saya khawatirkan, jika tidak ada vaksin maka akan lebih memperburuk situasi. Kita hari demi hari menjadi semakin was-was. Sementara itu, korban terus berjatuhan. Ketika itu dibiarkan terjadi, penanganannya akan jauh lebih sulit nanti," katanya.

Ia berharap dengan pemberian vaksin, masyarakat bisa terhindar dari virus. Meskipun ada beberapa masyarakat yang meragukan, setidaknya ada solusi yang nyata dalam penanganan pandemi ini.

"Saya rasa kita semua perlu memberikan kesempatan kepada upaya pemerintah itu," tegasnya.

Terkait keraguan masyarakat terhadap vaksin, Syarief sangat memaklumi jika ada sebagian masyarakat yang takut. Menurutnya, masyarakat masih perlu pemahaman lebih lanjut soal vaksin COVID-19.

"Saya kira wajar. Menurut saya itu bukan ketakutan tapi hanya khawatir saja. Tapi, jangan juga perasaan masyarakat itu dibiarkan saja. Kalau saya amati, masyarakat hanya butuh pemahaman yang jelas seputar vaksin, manfaat dan dampak-dampaknya buat mereka," tambahnya.

Oleh karena itu, Syarief meminta agar pemerintah melakukan sosialisasi dengan berbagai bentuk yang tentunya mudah dicerna masyarakat, terutama rakyat kecil.

Ia juga mengimbau agar pemerintah menetapkan harga vaksin dengan biaya yang masih terjangkau masyarakat.

"Kalau perlu digratiskan saja sekalian. Jika memang tidak memungkinkan gratis atau murah, dilakukan subsidi silang. Intinya, jangan sampai membebani rakyat kecil yang keadaannya sudah sangat terpuruk," pungkasnya.


Tulis Komentar