Riau

Warga Berkerumunan, Disdukcapil Pekanbaru Evaluasi Layanan Hari Libur

Warga berbondong ke kantor Disdukcapil Pekanbaru

GILANGNEWS.COM - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru membuat kebijakan membuka layanan di hari libur. Akibatnya, warga berbondong-bondong datang dan memadati komplek Mal Pelayanan Publik pada Sabtu kemarin.

Sebenarnya, layanan yang dibuka pada Sabtu dan Ahad itu hanya untuk perekaman kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) bagi usia 17 tahun, dan juga pengurusan KTP rusak ataupun hilang.

Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru Irma Novrita mengatakan, kebijakan ini akan dievaluasi lagi. Ada indikasi missinformasi, sehingga warga yang ingin mengurus Kartu Keluarga serta mengurus akta kelahiran dan kematian juga ikut datang.

"Ke depan kami akan evaluasi teknis pelaksanaannya. Karena berdasarkan hasil penelusuran kami, banyak yang datang ke Dukcapil hari libur bukan hanya berurusan rekam (e-KTP), KTP rusak dan hilang, tapi banyak juga yang datang untuk urus dokumen kependudukan lainnya," jelas Irma, Ahad (8/11/2020).

Saat ada penumpukan masyarakat kemarin, selain yang merekam e-KTP pemula serta mengurus KTP rusak dan hilang diminta pulang. "Iya, diminta pulang, karena tidak sesuai dengan program hari libur ini. Dan diarahkan ke layanan seperti biasa di hari kerja," jelasnya.

Akibat kejadian itu pula, program yang harusnya buka hari ini terpaksa ditiadakan. "Hari ini kami cancel, karena alat ada yang macet. Perlu maintenance. Dan itu sudah diinfokan melalui Medsos Dukcapil," tambahnya.


Tulis Komentar