Riau

Logistik Prokes dan Pungut Hitung Pilkada di Riau Segera Dikirim ke TPS

Pengesetan logistik di kabupaten/kota di Riau.

GILANGNEWS.COM - Ketua KPU Riau Ilham M Yasir mengatakan, logistik pelaksanaan Pilkada serentak di Riau sudah berada di masing-masing KPU Kabupaten/Kota. Saat ini dalam proses pengesetan di gudang.

"Baik itu logistik kepemiluan atau pungut hitung, dan logistik protokol kesehatan Covid-19 sudah dalam proses pengesetan. Dalam satu atau dua hari ini akan dimasukkan ke dalam kotak dan disegel," kata Ilham.

Ia menjelaskan, KPU Riau dan KPU kabupaten/kota menjadwalkan tanggal 6, 7 dan 8 Desember 2020 dilakukan pergeseran dari gudang kabupaten/kota ke masing-masing TPS melalui PPK dan PPS. Dimulai dari daerah yang terjauh, seperti Rupat.

"Ada kurang lebih 2,4 juta pemilih di 9 kabupaten/kota yang kami layani. Ada 8.356 TPS, dan akan ada petugas kita 75.170 di setiap TPS yang bertugas di 9 Desember," cakapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, petugas KPU menerapkan protokol kesehatan ketat saat hari H pemilihan 9 Desmber mendatang.

"Kami sangat siap. Kami pastikan tak ada satu TPS pun di 9 daerah pada 9 Desember nanti yang tidak ada logistik dan pemilihannya," tukas Ilham.

Sebagaimana diketahui bahwa Pilkada serentak 9 daerah di Riau dilaksanakan di masa pandemi Covid-19. Untuk itu, selain logistik kepemiluan, juga diperlukan adanya logistik protokol kesehatan. Antara lain masker, sarung tangan, faceshield, sabun cuci tangan, hand sanitizer, thermogun dan sarana prasarana lainnya.


Tulis Komentar