Nasional

MPR Minta Pelaku Money Politic Ditindak Tegas Secara Hukum

Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid.

GILANGNEWS.COM - Hari ini 270 daerah di Indonesia menggelar Pilkada serentak. Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid meminta agar para pelaku politik uang atau money politik diberi tindakan tegas secara hukum yang berlaku.

Menurut Jazilul Fawaid yang akrab dipanggil Gus Jazil, menjelang pencoblosan, kerap kali terjadi praktik-praktik kecurangan berupa money politic. Dia berharap agar masyarakat serta tim sukses (timses) dan para pasangan calon (paslon) untuk tidak menggunakan cara-cara kotor dalam proses pemilihan pemimpin.

"Ini sudah diindikasikan beberapa menggunakan money politic, kami berharap semuanya, kepada penyelenggara, yang melakukan money politic agar tidak diberikan toleransi karena itu merusak demokrasi. Saya harap semuanya memilih dengan hati nuraninya. Sebab kalau dengan pola transaksi money politic akan menghasilkan pemimpin, meskipun secara prosedur terpilih, tapi akan cacat secara etika," katanya.

Gus Jazil yang juga Koordinator Nusantara Mengaji ini berpesan agar pemungutan suara tidak menimbukan klaster baru penyebaran Covid-19.

"Semuanya sudah ada petunjuknya di KPU bahwa pemilihan di era pandemi ini harus mematuhi protokol kesehatan. Mencuci tangan, jaga jarak, pakai masker. Kalau protokol kesehatan dipatuhi, saya yakin tidak akan menimbulkan kluster baru dari pilkada," pungkasnya.


Tulis Komentar