Riau

Kasus Covid-19 Masih Tinggi, Wagubri Sebut Masyarakat Banyak Abaikan Prokes

Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution.

GILANGNEWS.COM - Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution mengatakan, sejak adaptasi kebiasaan baru (new normal) banyak masyarakat yang mulai abai menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

Kondisi tersebut yang dinilai menyebabkan tingginya angka kasus penularan Covid-19 di Bumi Lancang Kuning beberapa bulan terakhir.

"Sejak diterapkan adaptasi kebiasaan baru, masyarakat banyak yang abai terapkan protokol kesehatan. Karena kita lihat masih ada yang tidak pakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan," kata Wagubri Edy Nasution kepada wartawan.

"Tentu saja kondisi ini dapat menyebabkan penularan Covid-19 yang semakin meluas, dan banyaknya muncul klaster penularan baru," sambung mantan Komandan Korem 031 Wirabima ini.

Dalam rangka mendisiplinkan protokol kesehatan, lanjut Wagubri, Pemprov Riau telah mengeluarkan Pergub maupun Perda tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan.

"Aturan itu sebagai payung hukum dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19, yang dalam aturannya diatur sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan," terangnya.

Selain itu, tambah Wagubri, Pemprov Riau juga giat menerapkan 3T (Tracing, Testing dan Treatment) untuk menekan kasus Covid-19.

"Kemudian kita bersama TNI/Polri, kabupaten/kota, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta seluruh pihak terus gencar melakukan edukasi dan sosialisasi mengingatkan masyarakat agar disiplin protokol kesehatan," bebernya.

"Karena kita menilai penegakan protokol kesehatan sudah selayaknya menjadi perhatian bersama untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 di Riau," cakapnya.


Tulis Komentar