Riau

Pemko Pekanbaru Resmikan Penataan Kecamatan, Bagaimana Perubahan Administrasi?

Walikota Pekanbaru, DR Firdaus ST MT.

GILANGNEWS.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru meresmikan penataan kecamatan, Rabu (30/12/2020). Akan banyak perubahan administrasi kewilayahan setelah pemekaran kecamatan.

"Perubahan wilayah administrasi, baik kecamatan dan kelurahan," kata Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT.

Setiap pemekaran kecamatan, kata Walikota, tentu ada konsekuensi. Ada perubahan status sesuai dengan daerah yang baru.

"Ini sudah kita sosialisasikan, kemudian komunikasi. Misalkan tadi tentang tanah. Makanya BPN kita hadirkan di dalam peresmian penataan kecamatan itu. Itu kuncinya wilayah itu BPN," jelas walikota.

Kemudian administrasi kependudukan, Pemko Pekanbaru sudah berkomunikasi dengan Kemendagri. Dalam hal ini dirjen kependudukan dan catatan sipil.

"Kemudian juga diikuti oleh perubahan yang ada. Banyak sekali akan terjadi perubahan. Maka Insya Allah dalam jangka waktu yang telah direncanakan di masing-masing OPD teknis kita akan maksimalkan melakukan pelayanan," jelasnya.

Seperti diketahui, kecamatan yang diresmikan adalah Kecamatan Tuah Madani dan Kecamatan Bina Widya yang dimekarkan dari Kecamatan Tampan. Sedangkan nama Kecamatan Tampan akan dihilangkan.

Kemudian, Kecamatan Rumbai dan Rumbai Pesisir akan terbagi dalam tiga kecamatan baru yang diberi nama Kecamatan Rumbai, Kecamatan Rumbai Timur dan Kecamatan Rumbai Barat. Serta Kecamatan Tenayan Raya terbagi menjadi Kecamatan Tenayan Raya dan Kecamatan Kulim.


Tulis Komentar