Jelang Tutup Buku Anggaran 2020

Realisasi APBD Riau: Keuangan 83 Persen, Fisik 96,86 Persen

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menergetkan pada 31 Desember realisasi anggaran bisa mencapai 100 persen. Pasalnya hingga saat ini realisasi APBD Riau 2020 untuk keuangan sudah mencapai 83 persen, sedangkan fisik sudah mencapai 96,86 persen.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Riau, Indra SE MSi mengatakan, untuk realisasi keuangan APBD Riau sudah di atas 83 persen.

Dia menyampaikan, angka tersebut tidak sama dengan angka yang ada di web monev Riau, karena anggaran dari pusat ada yang langsung masuk ke daerah.

"Untuk keuangan kita di web Monev 73,63, tapi realisasinya sekarang sudah mencapai 83 persen, dan masih on progress. Kenapa berbeda, karena ada beberapa kegiatan yang belum diinput dari realisasi keuangannya," terangnya.

"Kemudian ada dana transfer langsung ke kabupaten dan kota, serta Bantuan Operasional Sekolah Nasional (Bosnas), itukan langsung transfer dari pusat ke sekolah-sekolah. Kita baru dapat konfirmasi ketika mereka menyampaikan ke kita, yang masih dalam proses," sambungnya.

Indra menyatakan, pada 31 Desember 2020, seluruh kegiatan yang ada di OPD sudah harus selesai diinput, sehingga angka keuangan dan angka persentase fisik seimbang. Dan untuk tahun ini ditargetkan tidak ada tunda bayar untuk tahun 2021.

"Menjelang besok angka sudah final terus bergerak hari ini sudah 83 persen, kemungkinan kalau untuk fisik sudah besok juga final. Kalau tunda bayar untuk tahun ini tidak ada," paparnya.

Disinggung mengenai Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (Silpa), Indra mengatakan pihaknya belum bisa memastikan. Karena harus menunggu hasil final dari realisasi anggaran, dan akan disinkronkan dengan APBD Riau 2020.

"Untuk Silpa masih menunggu akhir realisasi, dan baru bisa real angkanya setelah semua terealisasi dan diinput. Yang jelas kita masih atur manajemen kas kita agar lebih efisien," ujarnya.


Tulis Komentar