Riau

Agar Tetap Aman, Pendistribusian Vaksin Covid-19 ke Kabupaten/Kota Riau Gunakan Cold Chain

GILANGNEWS.COM - Pemerintah Provinsi Riau akan mendistribusikan vaksin Covid-19 ke kabupaten/kota menggunakan Cold Chain yang merupakan alat pendingin menyimpan vaksin berguna untuk pelayanan imunisasi di luar gedung.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan, penyaluran pendistribusian vaksin Covid-19 menggunakan Cold Chain agar vaksin tetap aman dan tidak rusak sampai tujuan.

"Kami telah menyiapkan Cold Chain dan Cold Box untuk pengiriman vaksin Covid-19 ke berbagai daerah kabupaten/kota se Provinsi Riau," ujar Mimi, Kamis (7/1/2021).

Kata Mimi, di setiap kabupaten/kota yang ada di Riau telah memiliki Cold Chain yang bersuhu 2 hingga 8 derajat celcius.

"Cold Room atau ruang pendingin penyimpanyan vaksin hanya ada di Kota Pekanbaru dan Kabupaten Rokan Hulu. Jadi daerah yang lainnya itu akan menggunakan Cold Chain," lanjutnya.

Lanjutnya, vaksin ini tetap aman menggunakan Cold Chain saat di luar ruangan atau gedung, karena tempat penyimpanannya bersuhu 2 hingga 8 derajat celcius.

"Untuk penyimpanannya tidak ada yang beda, sama saja. Yang perlu diperhatikan yaitu kondisi saat membawa vaksin Covid-19 ini," pungkasnya.


Tulis Komentar