Riau

Antisipasi Longsor di Musim Penghujan, BPBD Riau Siagakan Alat Berat

Longsor di Kampar beberapa waktu lalu.
Loading...

GILANGNEWS.COM - Intensitas curah hujan beberapa hari terakhir di wilayah kabupaten/kota se-Provinsi Riau cukup tinggi belakangan ini.

Terkait hal tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau menyiagakan personel dan alat berat untuk mengantisipasi jika terjadi bencana.

Kepala BPBD Riau, Edward Sanger kepada wartawan mengatakan, pihaknya sudah siap untuk menghadapi jika terjadi musibah banjir dan longsor di Riau akibat kondisi curah hujan yang tinggi di Riau saat ini.

"Persiapan yang sudah kami lakukan, seperti pemetaan wilayah, sarana dan prasarana pendukung seperti persiapan perahu, alat berat, dan hal lain yang dibutuhkan," kata Edwar kepada wartawan, Selasa (19/1/2021).

Loading...

Lanjut dia, alat berat disiagakan untuk mengantisipasi jika terjadi longsor. Untuk itu, alat berat tersebut akan disiagakan di wilayah yang rawan terjadi longsor seperti Kabupaten Kampar.

"Kalau untuk alat berat kan biasanya di wilayah yang rawan longsor. Alat berat tersebut selama ini untuk penanganan Karhutla, dan itu bisa saja dimanfaatkan atau disiagakan untuk penanganan wilayah-wilayah yang rawan longsor," ulangnya lagi.

Untuk mengantisipasi terjadinya bencana, pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota setempat, agar persiapan yang sama juga dilakukan di tingkat daerah. Termasuk berkoordinasi dengan pihak pengelola PLTA Koto Panjang.

"Koordinasi dengan pihak PLTA Koto Panjang terus kami lakukan. Jika debit air di PLTA Koto Panjang sudah tinggi, biasanya pihak PLTA akan memberikan informasi," cakapnya.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar