Nasional

Ketua MPR Usulkan Wartawan Masuk Daftar Prioritas Penerima Vaksin

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo saat menjalani penyuntikan vaksin virus corona (Covid-19) di kediamannya di Jakarta, Kamis (14/1).

GILANGNEWS.COM - Ketua MPR Bambang Soesatyo mengusulkan agar para wartawan masuk pada daftar prioritas penerima vaksinasi Covid-19, sebagaimana tenaga kesehatan dan TNI-Polri yang masuk menjadi kluster prioritas penerima vaksin.

"Melalui vaksinasi terhadap para wartawan, pemerintah turut berperan memastikan agar kerja jurnalistik mereka terlindungi, sehingga bisa menyajikan berita secara akurat, menghindari masyarakat dari berbagai disinformasi," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan.

Berdasar data Dewan Pers per 2020, tercatat sekitar 17.000 jurnalis yang telah tersertifikasi melalui uji kompetensi wartawan (UKW).

Sebagai orang yang pernah menekuni dunia jurnalistik, Ketua ke-20 DPR RI ini bisa ikut merasakan kegelisahan para wartawan dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Menurut dia, di satu sisi mereka tentu tidak terinfeksi, dengan cara menghindari kerumunan maupun menjaga jarak dengan orang lainnya.

"Namun di sisi lain karena tuntutan pekerjaan, sebagaimana dokter dan tenaga kesehatan, wartawan tak mungkin bekerja secara work home maupun melakukan aktivitas di rumah saja," kata ketua umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) itu.

Menurutnya, perhatian pemerintah melalui prioritas vaksinasi wartawan, sekaligus memastikan kesehatan dan keselamatan para anggota keluarganya yang ikhlas melepas mereka tugas di medan perang Covid-19.

Sehingga para wartawan pulang ke rumah tetap bisa membawa nafkah, bukan malah bawa virus corona.

"Kita tidak bisa membayangkan para wartawan berhenti bekerja, tak akan ada informasi yang bisa didapat masyarakat. Namun kita juga tidak bisa membayangkan dalam menjalankan pekerjaannya, para wartawan tak mendapat bekal yang cukup sehingga malah mengorbankan nyawa," pungkasnya.


Tulis Komentar